Dark/Light Mode

Polda Sumut Musnahkan Granat Aktif Sisa Perang Dunia II Di Serdang

Selasa, 12 Maret 2024 18:13 WIB
Ilustrasi temuan granat aktif di daerah
Ilustrasi temuan granat aktif di daerah

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Utara memusnahkan dua granat aktif di sungai Padang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Personel Brimob ini menduga granat tersebut dari sisa Perang Dunia II.

"Granat aktif tersebut sudah dimusnahkan oleh Tim Jibom Satuan Brimob Polda Sumut dengan situasi aman," ujar Kepala Seksi Humas Polres Tebing Tinggi AKP Agus Arianto di Medan yang dikutip dari Antara, Selasa (12/3).

Agus menyebut, hasil pengamatan di lapangan, granat aktif tersebut jenis MK yang diduga berasal dari sisa peninggalan perang dunia II. 

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Berikan Bantuan Penyandang Tuna Rungu

Ia menceritakan, penemuan granat aktif tersebut, berawal dari beberapa orang anak yang sedang mandi di Sungai Padang sembari mencari ikan pada Senin (11/3) siang.

"Kemudian, anak-anak tersebut menemukan dua buah granat, lalu mereka mengambil granat tersebut dan memasukkannya ke dalam ember yang berisikan air dan membawanya ke belakang rumah masyarakat," ucapnya.

Setelah memasukkan granat itu, menurut Agus, anak-anak tersebut menceritakan kepada orang tuanya. Setelah mendengar pernyataan dari anak-anak itu, orang tuanya langsung menghubungi polisi terdekat.

Baca juga : 9 Lembaga Survei Menangkan Prabowo-Gibran, KLSI: Tak Ada Kecurangan Di Pilpres

Beberapa saat kemudian, kata Agus personel dari Polsek Tebing Tinggi dan Polres Tebing Tinggi yang dipimpin Kapolsek Tebing Tinggi AKP Saepullah tiba di lokasi untuk mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Selanjutnya melakukan koordinasi dengan Tim Jibom Sat Brimobda Sumut untuk mengamankan kedua granat tersebut," ucapnya.

Sekitar pukul 17.10 WIB, Tim Jibom dari Sat Brimob Polda Sumut tiba di lokasi dan mengevakuasi kedua granat tersebut, untuk di bawa ke lapangan Golf Pabatu Dusun II Desa Penonggol Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai guna dilakukan pemusnahan.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.