Dark/Light Mode

Raih Manfaat Positif Internet, Bentengi Diri dengan Kemampuan Literasi Digital

Selasa, 19 Maret 2024 22:04 WIB
Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital yang digelar Kemenkominfo di Masjid Mizabur Rahman kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. (Foto: Dok.Kemenkominfo)
Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital yang digelar Kemenkominfo di Masjid Mizabur Rahman kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. (Foto: Dok.Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengguna smartphone harus membentengi diri dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni untuk dapat memanfaatkan modernisasi teknologi dengan hal-hal positif.

Di era melek internet seperti sekarang ini, kemudahan mengakses internet dapat membawa kita pada berbagai imbas, baik positif maupun negatif.

“Handphone yang kita miliki ini sangat bermanfaat, segala aspek kehidupan kita bisa didapatkan hanya melalui smartphone ini, namun demikian smartphone juga bisa menjadikan kita orang yang tidak mengenal waktu lagi.” jelas Kadis Kemenkominfo Usman, dalam keterangannya, Selasa (19/3/2024).

Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Masjid Mizabur Rahman kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Baca juga : Maret, Pemerintah Intensifkan Pembasahan Gambut Atasi Karhutla

Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital di Kota Palu, Sulawesi Tengah ini merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak kurang lebih 100 peserta yang terdiri kalangan masyarakat umum dan komunitas di Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Dalam sambutannya, Usman mengingatkan kepada setiap orang tua yang hadir untuk dapat mengontrol waktu penggunaan smartphone anak, jangan sampai anak menjadi konsumtif terhadap konten negatif sehingga dapat mempengaruhi kehidupan sosialnya.

“Yang kita jaga ini adalah untuk lebih bijak dalam membagi waktu dalam menggunakan media sosial karena sekarang ini lagi di bulan ramadhan, alangkah baiknya bisa memberikan beribadah,” ujarnya.

Baca juga : Raih Penghargaan Baznas, Pj Gubernur Jateng Janji Lebih Serius Tekan Kemiskinan

Sementara itu, Pegiat Literasi Digital dari komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan Tular Nalar Yohanes Seto Prayogi menyampaikan, korelasi antara transformasi digital pada masa pandemi dalam memengaruhi gaya hidup masyarakat.

“Dampak positif yang didapatkan dari smartphone itu sangat banyak, sayangnya hal tersebut membuat kita menjadi ketergantungan pada hal tersebut sehingga mulai dari membeli makan, hiburan, shopping hingga mencari kebutuhan pokok lainnya dapat menggunakan smartphone,” ujar Seto.

Ia menjelaskan bahwa pada masa sekarang kemudahan untuk mendapatkan sebuah hiburan dan informasi dikarenakan dibantu dengan adanya Google dan platform digital lainnya.

Menurut Seto, sampai saat ini bahaya yang sering ditemukan di internet adalah misinformasi dan penipuan daring yang banyak beredar di berbagai platform media sosial.

Baca juga : Kunci Sukses Belajar Online: Perlu Kemampuan Literasi dan Etika Digital

Sementara itu, Konten Kreator asal palu Nur Rina Maskayanti turut membagikan pengetahuannya kepada audiens melalui materi yang disampaikan berupa bagaimana menjaga privasi dalam dunia digital.

"Maka dari itu kita juga harus dapat lebih bijak dalam menggunakan handphone karena kita tahu di dalam handphone itu ada yang positif maupun yang negatif, diawali dengan media sosial maupun game,” ujar Rina.

Rina juga mengingatkan kembali kepada para audiens untuk dapat menjaga data pribadi masing-masing di media sosial dikarenakan sangat rawan untuk disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kita harus mewanti-wanti terhadap data data pribadi kita karena dapat berdampak negatif seandainya kita terlalu terbuka di media sosial,” pungkasnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.