Dark/Light Mode

Maret, Pemerintah Intensifkan Pembasahan Gambut Atasi Karhutla

Kamis, 14 Maret 2024 15:57 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan
Ilustrasi kebakaran hutan

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), termasuk peningkatan upaya pembasahan lahan gambut pada Maret nanti.  

Hal itu dikatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) SIti Nurbaya usai Rapat Koordinasi Khusus Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan 2024 di Jakarta, Kamis (14/3)

Baca juga : Hore! Pemerintah Berikan Cuti Melahirkan Untuk PNS Pria

Siti mengatakan, Pemerintah Indonesia belajar dari kebakaran hutan pada 2019 yang terjadi di lahan seluas 1,6 juta hektare dan menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membasahi lahan termasuk wilayah gambut.      

"Sejak 2020 kita pakai modifikasi cuaca lebih awal jadi di bulan-bulan akhir atau pertengahan Maret kita sudah harus modifikasi cuaca, daerah-daerah gambut harus sudah dibasahi semua. Jadi itu yang agak menolong, tahun ini kita lakukan rencana tanggal 20-an Maret," ujar Siti usai Rapat Koordinasi Khusus Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan 2024 di Jakarta, Kamis (14/3)

Baca juga : Gubernur Ditunjuk Ataukah Dipilih, Masih Dibahas DPR

Pemerintah kata Siti, salah satunya fokus di wilayah-wilayah dengan sejarah karhutla, termasuk beberapa titik di Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara. Mengingat BMKG memprediksi El Nino masih terjadi pada tahun ini.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto 
mengatakan, TMC akan diadakan didukung dengan data dari BMKG dan BRIN serta dukungan alutsista dari TNI. Modifikasi cuaca terutama dilakukan untuk membasahi wilayah gambut yang kering.

Baca juga : Mengaktualisasikan Pancasila Dalam Menyambut Ramadhan

"Kami juga tadi mengingatkan bahwa terkait dengan gambut ini supaya tetap dalam kondisi basah. Kami sudah melakukan koordinasi untuk tetap menjaga kondisi basah gambut tersebut dengan melihat TMA, tinggi muka air, di seluruh wilayah gambut jangan sampai kering," kata Hadi dikutip dari laman Antara.

Pemerintah, jelasnya, akan terus memantau mengenai tingkat kebasahan lahan gambut dan memastikan sudah berada di lapangan setelah Lebaran untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.