Dark/Light Mode

Relawan Sadar Deklarasi Dukung Sudaryono Sebagai Cagub Jawa Tengah

Sabtu, 23 Maret 2024 04:29 WIB
Relawan Sadar (Sahabat Mas Dar) Zona Selatan Jawa Tengah (Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara) mendeklarasikan dukungan pada Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. (Foto: Ist)
Relawan Sadar (Sahabat Mas Dar) Zona Selatan Jawa Tengah (Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara) mendeklarasikan dukungan pada Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan 'Sadar' (Sahabat Mas Dar) Zona Selatan Jawa Tengah (Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara) mendeklarasikan dukungan pada Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

“Kami adalah pemuda dan santri, ulama, kelompok tani milenial, pelajar dan mahasiswa berdiri dalam rangka memberikan kontribusi atas proses demokrasi di Jawa Tengah. Mendukung Bapak Sudaryono maju ke Pilkada Jateng,” kata Koordinator 'Sadar' Jawa Tengah, Ivan Royfani, dalam deklarasi, di Gilingan Pari Kafe, Gombong, Jumat (22/3/2024).

Menurut mereka, dalam Pilkada 2024 Jawa Tengah dibutuhkan kepemimpinan muda yang memiliki visi dan kemampuan menyelesaikan banyak masalah di Jawa Tengah. Pentingnya Piklada Jawa Tengah 2024 tidak sekedar memenuhi asas kebutuhan kehidupan politik yang demokratis, melainkan juga harus ada korelasi yang kuat antara tantangan dan ancaman yang akan dihadapi bangsa dengan kepemimpinan nasional yang dihasilkan dalam Pemilu 2024.

Baca juga : Mentan Gandeng Kodam Diponegoro Percepat Pompanisasi Di Jawa Tengah

Dengan kata lain, Pilkada Jateng 2024 harus menghasilkan seorang pemimpin bangsa yang mampu menjadi solusi (problem solver) bagi masalah yang dihadapi negeri ini di masa kini maupun mendatang.

Ivan Royfani mengatakan, hasil Pemilu 2024 sudah ditetapkan oleh KPU dengan kemenangan Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Dengan hal tersebut makadibutuhkan kebersinambungan kepemimpinan di tingkat provinsi sampaikabupaten/kota agar memiliki persamaan visi, misi dan program kerja nasional. ”Dalam perspektif kepemimpinan, “Ngayomi” dan “Mrantasi” sangat dibutuhkan Jawa Tengah saat ini.

"Dengan adanya kekhawatiran terjadinya krisis pangan dan energi. Ketergantungan Indonesia atas bahan baku pokok seperti pupuk, beras, kedelai, dan lainnya yang harganya tidak terkendali berpotensi menghadapi ancaman keamanan pangan (security food). Dampak ekonomi di dalam negeri akan sangat signifikan," ujarnya.

Baca juga : Lewat Skema CSR, Sinar Mas Dukung Pembangunan Bandara Singkawang

Perebutan komoditas pangan dan sumber daya alam akan menimbulkan koflik yang membutuhkan perlunya seorang pemimpin yang mampu mengayomi, dan mrantasi (menyelesaikan masalah secara tuntas) bagi berbagai ancaman yang dihadapi bangsa. Jawa Tengah sebagai salah satu pusat lumbung pangan nasional perlu menjadi perhatian bersama.

Menurut Anggoro selaku Koordinator SADAR Cilacap, kepemimpinan Mas Sudaryono mampu memenangkan Prabowo Gibran di Jawa Tengah.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia Kebumen, Syaifuddin, berharap kepemimpinan Mas Sudaryono diharapkan mampu mengentaskan warga miskin dan prasejahtera. Selain itu, banyak kyai kampung, guru ngaji TPA yang belum sejahtera dengan pendapatan sangat rendah. Diharapkan kepemimpinan Mas Sudaryono memiliki keberpihakan kepada guru ngaji di masjid-masjid.

Baca juga : Sinar Mas Dukung Peluncuran Seragam Baru Timnas Sepak Bola

Darno sebagai Wakil dari 'Sadar' Banyumas berharap segera ada konsolidasi untuk pemenangan Mas Sudar di Jawa Tengah Selatan. Relawan menyadari jika partisipasi demokrasi selayaknya muncul dari bawah sebagai tanngung jawab publik untuk melibatkan diri secara aktif melakukan perbaikan demi membangun Jateng yang sejahtera dan berkemakmuran.

“Kami berharap untuk bisa berdialog langsung secara intensif kepada Mas Dar sebgai kandidat yang kita dukung. Agar dukungan ini menjadi kesamaan ide, gagasan visi dan misi sama untuk Jateng yang berkesejahteraan,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.