Dark/Light Mode

Antisipasi Kecurangan

Relawan AMIN Deklarasi Gerakan Rakyat Kawal TPS

Sabtu, 3 Februari 2024 22:24 WIB
Presidium Gerakan Rakyat mendeklarasikan Gerakan Rakyat Kawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Wisma Amanat Rakyat di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024). Foto: Istimewa
Presidium Gerakan Rakyat mendeklarasikan Gerakan Rakyat Kawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Wisma Amanat Rakyat di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Presidium Gerakan Rakyat mendeklarasikan Gerakan Rakyat Kawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Wisma Amanat Rakyat di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024).

Gerakan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadi kecurangan sekaligus merekam bila terjadi kecurangan pada Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

Deklarasi ini dihadiri Ketua Deputi Saksi Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN, Tamsil Linrung dan CO-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said.

"Pemilu adalah pondasi demokrasi kita. Dan pemilu yang adil dan bersih adalah kunci untuk memastikan suara rakyat benar-benar terwakili," kata Koordinator Nasional Presidium Gerakan Rakyat, Sahrin Hamid.

Sahrin menyebut, tugas mengawal TPS bukan hanya hadir di tempat pemungutan suara, tapi juga memastikan setiap tahap proses pemilu berjalan dengan transparan dan bebas dari manipulasi.

Baca juga : Relawan RAPI Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Untuk itu, dia mengajak relawan dan pejuang perubahan serta simpatisan AMIN, untuk mengantisipasi kecurangan dengan terlibat mengawal dan mengawasi dalam setiap tahapan Pemilu.

"Kita harus terlibat dalam segala aspek Pamilu, dari tahap pendaftaran pemilih, pemungutan suara, hingga penghitungan suara," ujarnya.

Sahrin bilang, kegiatan ini akan dilanjutkan ke beberapa kota.

"Besok di Bandung, kemudian Medan, Solo, Makassar, Surabaya dan Ternate. Mari kita bersama-sama mengawal suara rakyat dan menjaga kehormatan demokrasi kita," ajaknya.

Ketua Deputi Saksi Timnas AMIN, Tamsil Linrung menyambut baik Gerakan Rakyat Kawal TPS Pemilu Jujur dan Adil yang dimotori Sahrin Hamid.

Baca juga : Khofifah Orasi untuk Kemenangan Prabowo-Gibran, Ajak Warga Nyoblos ke TPS

Menurutnya, ini merupakan gerakan masyarakat arus bawah yang akan sangat membantu para saksi AMIN yang nantinya bertugas di TPS.

"Gerakan ini untuk memastikan proses pemungutan suara berlangsung jujur dan adil. Kalau nanti saksi-saksi kita di TPS ada halangan misalnya, sakit. Maka gerakan ini akan kita beri mandat sebagai saksi cadangan AMIN di Pilpres 2024," kata Tamsil.

Diungkap dia, pihaknya menyiapkan saksi berlapis, kesaksian berlapis mutlak harus dilakukan untuk mengawal pemilu yang jujur dan adil (jurdil).

"Alhamdulillah, banyak elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi. Saksi-saksi kita akan semakin kuat dan masif di TPS. Para saksi AMIN akan mendapatkan suplai makanan yang halal dari Dapur Umum. Insyaallah nanti tidak akan ada saksi kita yang mati karena kelaparan, kelelahan apalagi keracunan," ucapnya.

CO-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said menegaskan, setiap orang yang terdidik memiliki tanggung jawab terhadap jalannya pemerintahan, termasuk penyelenggaraan pemilu.

Baca juga : BTN Ingin Selamatkan Bank Syariah Pertama

"Kita bersyukur, hari-hari ini kampus mulai bergerak. Kelihatannya anjuran Bung Hatta diingat kembali, setiap penyimpangan pasti ada koreksi," kata Sudirman.

Sudirman juga mengaku bersyukur, belakangan ini setiap hari muncul gerakan baru.

"Seperti hari ini, Gerakan Kawal TPS, ini hal baru yang positif. Kita semua akan berjuang bersama-sama dengan 1.176 simpul relawan AMIN. Dimana tujuan akhirnya, Anies-Muhaimin dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.