Dark/Light Mode

Prabowo Menang Di Kandang Banteng, Sudaryono Berpeluang Jadi Gubernur Jateng

Selasa, 20 Februari 2024 19:22 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono. Foto: Istimewa
Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) versi hitung cepat atau quick count disinyalir menjadi modal dan kekuatan besar Partai Gerindra menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng.

Ketua Gerindra Jateng, Sudaryono dinilai memiliki peluang besar untuk bisa maju dan memenangkan Pilgub Jateng. Namun, mesin partai harus terus bergerak dan memunculkan gagasan yang nyata sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jateng.

"Kemenangan Prabowo-Gibran bisa jadi angin segar untuk menyongsong Pilgub Jateng. Ini angin segar, terutama untuk Gerindra," kata Pengamat Politik dari Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP Undip Wahid Abdulrahman, Selasa (20/2/2024).

Diamininya, tidak mudah untuk menaklukkan Jateng yang dikenal sebagai ‘Kandang Banteng’. Butuh kerja keras dan kerja cerdas untuk memenangkan 35 Kabupaten atau Kota dengan jumlah 28 juta pemilih.

Baca juga : Kemenag Bersama BAZNAS dan LAZ Bantu Korban Banjir di Jateng

Apalagi, peta pertarungan Pilpres dan Pilgub Jateng berbeda dengan daerah lain.

"Jika koalisi Pilpres masih tetap bersatu, saya kira bisa menjadi modal besar di Pilgub Jateng. Apalagi suara Prabowo-Gibran unggul di Jateng," ujarnya. 

Wahid Abdulrahman menyarankan, agar Sudaryono terus melakukan pendekatan kepada masyarakat. Mesin partainya juga harus terus digeber agar bisa mengkondisikan untuk memenangkan Pilgub Jateng.

"Kalau serius untuk Pilgub harus gaspol. Mesin partai harus tetap bekerja keras dan turun ke masyarakat," tegasnya.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang, Banteng Tetap Juara

Menurutnya, Sudaryono memang sosok baru yang mewakili anak muda memimpin organisasi partai politik di Jateng.

Namun, sebagai ketua Gerindra di provinsi ini, ia menunjukan power dengan bisa menaikkan suara partai dan memenangkan Prabowo-Gibran di Jateng.

"Jika Sudaryono mau ke Pilgub, ini bisa menjadi ujian pertama Gerindra untuk merubah Jateng dari warna merah ke warna lain," tambahnya.

Sementara, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo-Gibran diprediksi terus bertahan dan bisa digunakan untuk Pilgub Jateng. Jika koalisi bertahan, dan sokongan amunisi besar tentu bisa menambah kekuatan Sudaryono ketika maju Pilgub.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang Di Jakarta, Bang Zaki Happy

"Tinggal siapa yang bakal digandeng untuk menjadi pendampingnya. Saya kira banyak alternatif pilihan," ujarnya.

Pilpres 2024 diakui berdampak dengan meningkatkan suara Gerindra, tak terkecuali di Jateng. Selama ini Gerindra sudah memiliki dan membangun pondasi yang cukup kuat.

"Saya kira Sudaryono memiliki peluang besar, tak terkecuali di Pilgub Jateng. Meskipun tidak mudah, dan butuh kerja keras dan mesin partai yang kuat," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.