Dark/Light Mode

Kisah Calo Truk Wanita Jadi Bos Logistik

Kejujuran Dan Keikhlasan Modal Kembangkan Bisnis

Sabtu, 23 Maret 2024 18:17 WIB
Bos PT Nanda Persada Group Supadmi (kiri), saat berbincang di Podcast Apkasi, di Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Foto: Ist)
Bos PT Nanda Persada Group Supadmi (kiri), saat berbincang di Podcast Apkasi, di Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa sangka, wanita yang awalnya merupakan calo truk, kini menjadi perusahaan logistik besar di Jakarta.

Dia adalah Supadmi. Kejujuran, kepercayaan dan keikhlasan, menjadi modal bagi Supadmi untuk terus mengembangkan usahanya, PT Nanda Persada Group.

Memiliki bisnis yang terus tumbuh dan mampu bertahan hingga puluhan tahun pasti menjadi mimpi bagi banyak para pelaku usaha.

Mimpi tersebut bisa saja diwujudkan asalkan setiap pelaku usaha berpegang teguh pada prinsip kejujuran saat berbisnis.

Dengan berperilaku jujur, para pengusaha akan mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat ataupun konsumen.

Itulah yang dipegah teguh oleh Supadmi, Bos PT Nanda Persada Group.

Menjaga kepercayaan dan kejujuran menjadi kunci yang selalu dilakoni dalam menjalani usaha transportasi logistik.

Baca juga : Demokrat Belum Temukan Upaya Kecurangan PSI Dan Gelora Gelembungkan SuarA

Banyak rekanan bisnis yang setia menjadi pelanggan wanita kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah.

"Kita harus bisa memegang kepercayaan dan selalu jujur. Menjaga hubungan tidak sekedar bisnis, tapi secara kekeluargaan juga perlu dibangun dengan dilandasi kejujuran," kata Supadmi, saat berbincang di Podcast Apkasi, di Kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (22/3/2024)

Supadmi menceritakan kisahnya membangun usahanya mulai dari nol. Merasakan pahit dan duka. Bahkan, kegetiran hidup dan kerugian fisik ia rasakan sendiri dari keluarga dekatnya.

Tapi, kata dia, dengan modal keikhlasan dan keteguhan. Semua cobaan dan tantangan hidup dapat dilalui.

Hal positifnya, dengan keikhlasan, memaafkan kesalahan orang dan meghilangkan dendam, Supadmi bisa lebih berlapang dada dan tenang menjalani hidup.

Ia menyebut, musibah itu membawa keberkahan, keuntungan dan kekuatan untuk mengembangkan usahanya.

"Saya pernah jatuh, ditipu banyak orang dan mengalami kekerasan fisik. Tapi, Alhamdulillaah, semua itu ternyata membawa berkah. Usaha yang dibangun dari nol, kini bisa besar dan menghidupi banyak orang," kata Supadmi, sambil menahan sedih, mengingat kenangan pahit.

Baca juga : Seleris Jadi Solusi Inovatif Dan Kreatif Bantu Lembaga Keuangan

Dengan kegigihannya, saat ini ia sukses membangun kerjaan bisnis logistik.

Nanda Persada Transport memiliki lebih dari 100 armada truk yang siap melayani angkutan barang ke seluruh Indonesia.

"Awalnya, saya ini hanya 'calo truk'. Tapi dengan, keihlasan, kejujuran dan ketabahan. Maka usaha Nanda Persada bisa terus berkembang. Tapi, tentu semua butuh waktu, proses dan perjuangan," jelasnya.

Selain memegang prinsip kejujuran. Ia bercerita kesabaran juga diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis.

Bagi para pengusaha muda yang saat ini banyak mendirikan perusahaan, perlu membangun networking yang luas, tetap kreatif, pakai akal budi, dan logika agar usahanya dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Karena, sesuatu yang cepat berhasil itu tidak mungkin. Apa yang tumbuh cepat itu tidak bertahan lama. PT Nanda Persada Group menyediakan jasa transportasi darat dan laut untuk wilayah Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Menggunakan GPS (Global Positioning System) sebagai sistem keamanan online yang terintegrasi untuk mempermudah pemantauan status pengiriman barang pelanggan.

Baca juga : Universitas Trilogi Gelar Seminar Peran ESG Dalam Perkembangan Bisnis Masa Depan

PT Nanda Persada Transport dan PT Nanda Persada Sentosa bergerak di bidang jasa ekspedisi darat dan laut di seluruh wilayah Indonesia.

PT Nanda Persada Transport pertama kali berdiri di Jakarta pada tahun 1999. Dan pada tahun 2012 operasional perusahaan didukung oleh berdirinya PT Nanda Persada Sentosa.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang ekspedisi darat dan laut dengan memiliki lebih dari 30 mitra kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, Nanda Persada Group menerapkan slogan yang disebut sebagai ACT2 (Aman, Cepat, Tepat, dan Tanggung Jawab) serta didukung dengan tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.