Dark/Light Mode

Pustakawan Jakarta Gelar Rakor dan Buka Puasa Bersama di Perpusnas

Jumat, 29 Maret 2024 13:51 WIB
Rakor dan buka puasa bersama Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jakarta, di Perpusnas, Rabu (27/3). (Foto: Istimewa)
Rakor dan buka puasa bersama Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jakarta, di Perpusnas, Rabu (27/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Jakarta menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan buka puasa bersama, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Salemba Raya Nomor 28a, Jakarta Pusat, Rabu (27/3). Mengusung tema "Menguatkan dalam Kebersamaan" menjadi semangat kegiatan ini dengan tujuan untuk memperkokoh soliditas kepengurusan PD IPI sekaligus memetakan permasalahan-permasalahan kepustakawanan seraya mencari solusi dalam bentuk program kerja organisasi ke depan.

Rakor dihadiri jajaran pengurus, pembina dan perwakilan dari Pengurus Pusat IPI. Rakor menghasilkan beberapa masukan strategis untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan rencana aksi masing-masing bidang. Ramadan menjadi momentum kebersamaan untuk mengoptimalkan roda organisasi profesi ini.

Ketua PD IPI Jakarta Bambang Chidir Sunarto menyampaikan perlunya penguatan kompetensi para pustakawan dan pengelola perpustakaan di Jakarta. "PD IPI Jakarta harus mengambil peran dalam upaya meningkatkan kualitas para pustakawan dan pengelola perpustakaan. Pelatihan dan bimtek kepustakawanan yang telah berjalan dan menyasar perpustakaan sekolah perlu digenjot lagi melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait," ucapnya, saat memberikan kata sambutan dalam rakor itu, seperti keterangan yang diterima redaksi, Jumat (29/3).

Baca juga : Kemenpora Gelar Pelatihan Keluarga Muda Berdaya Seri 3 Di Kota Bogor

Pembina IPI Jakarta Joko Santoso memberikan tantangan kepada segenap pengurus IPI Jakarta untuk mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang inovatif dan berkesinambungan sebagai bagian dari kontribusi lembaga profesi ini dalam mengamplifikasi gerakan literasi. Jajaran pengurus harus lebih sering melakukan pertemuan-pertemuan, baik luring maupun daring sebagai ajang diskusi merespon isu-isu terkini dunia perpustakaan dan kepustakawanan.

"Tidak semua program dan kegiatan harus berbasiskan anggaran. Tetapi lebih mengedepankan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak. Diskusi, bedah buku, kegiatan enulisan yang melibatkan para pustakawan harus terus dihidupkan. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) siap mendukung dalam hal penyiapan tempat atau ruangan-ruangan untuk menggelar kegiatan-kegiatan tersebut," ucap Pj Sekretaris Utama Perpusnas ini.

Dalam kesempatan itu, Joko banyak menggali dan mengeksplorasi peran lebih besar yang dapat dilakukan IPI sebagai organisasi profesi. IPI harus mampu menjawab segala perkembangan yang terjadi, baik terkait kemajuan bidang TIK maupun kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang relevan dengan keberadaan IPI.

Baca juga : Hadir di Zona Jakarta Barat, Electronic City Buka Gerai Terbaru di Puri Indah Mall

Pengurus Pusat IPI Robinson Rusdi mengapresiasi kegiatan ini seraya memberikan beberapa masukan untuk kegiatan-keguatan yang dapat dijalankan IPI Jakarta. Di antaranya adalah dengan mengoptimalkan keberadaan beberapa perpustakaan khusus untuk dijadikan sarana menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kepustakawanan secara bergantian.

Pada sesi rapat koordinasi, PD IPI Jakarta yang terdiri dari enam bidang yaitu Bidang Organisasi dan Keanggotaan; Bidang Pengembangan Profesi, Pendidikan dan Pelatihan; Bidang Usaha dan Dana; Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat; Bidang Sertifikasi dan Akreditasi serta Bidang Penerbitan, Hubungan Masyarakat dan Publikasi menginventarisasi temuan dan permasalahan sekaligus menawarkan program kegiatan untuk menjawab temuan tersebut.

Dari rakor ini, masing-masing bidang kerja diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan menyusun action plan yang terukur dan menetapkan timeline pelaksanaannya.

Baca juga : Agus Fatoni Letakkan Batu Pertama Pembangunan Bedah Rumah di Prabumulih

Rakor ini diakhiri dengan buka puasa bersama jajaran pengurus dan pembina IPI Jakarta. Rangkaian dua kegiatan ini semoga semakin menguatkan kebersamaan IPI Jakarta dalam menyongsong program-program organisasi. Selaras dengan temanya "Menguatkan dalam Kebersamaan".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.