Dark/Light Mode

Cegah Tawuran, Polres Jaksel Gelar Patroli Skala Besar Ramadan

Jumat, 22 Maret 2024 23:33 WIB
ilustrasi: remaja tawuran menggunakan sarung
ilustrasi: remaja tawuran menggunakan sarung

RM.id  Rakyat Merdeka - Polres Metro Jakarta Selatan meningkatkan patroli skala besar untuk mengantisipasi aksi tawuran perang sarung yang marak terjadi pada bulan suci Ramadan 1445 Hijrah.

"Kami melakukan patroli skala besar di tempat rawan kriminalitas," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Polisi, Ade Rahmat Idnal di Jakarta, dikutip Antara Jumat (22/3).

Ia mengatakan, bahwa pada bulan Ramadan perang sarung atau tawuran antar remaja semakin marak. Untuk itu, pihaknya melakukan langkah pencegahan dengan memberikan imbauan dan melakukan patroli di tempat-tempat yang rawan untuk dijadikan ajang tawuran

Baca juga : Manjain Pelanggan, Ford Gelar Promo Servis Ramadan

Ade juga meminta kepada para orang tua agar lebih mengawasi anak-anaknya, terutama ketika malam hari mereka tidak pulang ke rumah.

"Mari awasi sama-sama, terutama bagi para orang tua agar lebih berhati-hati," tuturnya.

Meskipun ada peningkatan aktivitas perang sarung, namun pada bulan Ramadan, angka tidak kejahatan di wilayah Jakarta Selatan mengalami penurunan dibandingkan hari biasa.

Baca juga : Diingatkan Pengamat, BNPT Awasi Gelagat Terorisme Selama Ramadan

Hal itu, kata Ade, karena aktivitas masyarakat yang terus berjalan sehingga celah untuk tindak pidana semakin berkurang.

"Untuk angka kejahatan djuga mengalami penurunan, karena ada aktivitas masyarakat," ujarnya.

Dari data yang ada, pada minggu ke-10 tahun 2024 tindak pidana yang ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan mencapai 200 kasus.

Baca juga : Pancasila Memperteguh Kesadaran Manusia Pada Puasa Ramadan

Sedangkan pada bulan Ramadan, yaitu minggu ke-11 tahun 2024 turun menjadi 168 kasus atau berkurang 16 persen bila dibandingkan biasanya.

"Penurunan kasus selama bulan Ramadan ini cukup baik, yaitu mencapai 32 kasus atau 16 persen," katanya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.