Dark/Light Mode

Kapolri Perketat Pengamanan Jalur Rawan Selama Mudik Lebaran

Selasa, 2 April 2024 06:04 WIB
Kapolri Jenderal Pol, Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Pol, Listyo Sigit Prabowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri pastikan pengawalan pemudik Lebaran di wilayah rawan. Personel disiagakan 24 jam melakukan pengawalan kepada seluruh masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan balik di wilayah kategori rawan.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto saat meninjau kesiapan arus mudik 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (1/4) 

Sigit memastikan ada pengawalan kepada pemudik yang melintas di wilayah kategori rawan tidak pidana, seperti pembegalan dan sebagainya.

Baca juga : Nyanyi Lagu Taylor Swift Selama Operasi

‘Kita siapkan pengawalan pemudik di wilayah rawan. Apabila masyarakat merasa dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu rawan kejahatan silahkan melapor ke pos terdekat,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang dikutip, Senin (1/4).

Jenderal bintang empat itu mengimbau masyarakat yang ingin mudik tidak perlu khawatir. Ia menyebut, personel Polri siap 24 jam melakukan pengawalan kepada seluruh masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan balik di wilayah kategori rawan.

Dengan begitu, lanjut dia, masyarakat akan merasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan mudik.

Baca juga : Golkar Dipuji Prabowo, Pengamat: Tanda Bakal Beri Kursi Menteri Lebih Banyak

“Kami siapkan pengawalan, termasuk di jalur yang banyak kecelakaan lalu lintas di jalur lintas Sumatera. Karena kami juga mempersiapkan selain tol, tentunya ada jalur arteri,” katanya.

Eks Kapolda Banten itu menambahkan, sejumlah jalan berdasarkan pemetaan kerap terjadi kecelakaan terus diupayakan dilakukan perbaikan, termasuk penerangan jalan.

Bahkan, lanjut Sigit, pihaknya meminta ada tambahan rambu-rambu lalu lintas, serta papan informasi dan sosialisasi di wilayah yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Peran Penting Ormas Keagamaan Rajut Rekonsiliasi di Bulan Suci

“Sehingga masyarakat betul-betul merasakan perjalanan mudik lancar, aman, dan selamat sampai tujuan masing-masing," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga ingin memastikan betul kelancaran dan keamanan masyarakat dalam arus mudik Idul Fitri 1445H/2024 di Pelabuhan Merak, Banten yang menjadi sentra mudik masyarakat ke Pulau Sumatera.

Dalam mengawal mudik dan balik Lebaran, Polri menggelar Operasi Ketupat 2024 dari tanggal 4 April, sampai dengan 16 April. Operasi ketupat ini melibatkan 155.165 personel yang akan mengawal 193,6 juta orang yang diperkirakan melakukan mudik tahun ini.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.