Dark/Light Mode

Imbas Longsor, Polri Sebut Tol Bocimi Siap Digunakan Fungsional Saat Arus Balik

Rabu, 10 April 2024 19:18 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso.
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengecek langsung perbaikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64-600 pasca terjadinya longsor di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi. Hasilnya, Tol Bocimi akan digunakan fungsional saat arus balik. 

Slamet mengatakan, imbas longsor yang terjadi membuat jalur nasional mengalami kepadatan arus lalu lintas di mudik lebaran 2024.

“Sesuai untuk persiapan arus mudik dan arus balik khususnya di jalur Bocimi ini memang kemarin terjadi kepadatan di jalur nasional oleh karena itu hari ini saya cek lagi sesuai arahan dari menteri PUPR,” kata Slamet Santoso, dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (10/4/2024). 

Pengecekan tol Bocimi untuk melihat langsung progres perbaikan, dimana nantinya akan difungsionalkan saat arus balik lebaran mengurangi peningkatan volume kendaraan di jalur nasional.

“Untuk mempercepat proses penyelamatan dan fungsional kan jalur B Jakarta, ini harapannya nanti kalau memang kita koordinasikan bisa fix pada saat arus balik udah bisa kita gunakan sehingga itu dapat mengurangi beban yang ada di jalur nasional,” kata Slamet. 

Baca juga : Perbaikan Tol Bocimi, PUPR Target Dibuka Fungsional H+1 Lebaran

Dalam menangani arus mudik dan balik, Polri memiliki aspek penting di bidang keselamatan keamanan masyarakat.

“Bukan hanya kelancaran saja karena Polri dalam menangani arus mudik ini kita harus juga dengan aspek keselamatan keamanan masyarakat yang mudik sehingga kamseltibcarlantas terwujud,” tegasnya.

Ia berharap, jika nantinya Tol Bocimi jalur B Jakarta bisa difungsionalkan masyarakat diminta untuk berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

“Harapan kami masyarakat bisa menggunakan lajur ini kalau bisa kita koordinasikan dulu, kalau aman lancar kemudian kita bisa gunakan dan masyarakat yang melewati ini harus berhati hati nanti kita pasang rambu-rambu dan barrier sehingga masyarakat bisa melewati itu dengan aman,” tambahnya.

Pimpinan Bagian Proyek Edi Yunanda menyampaikan proses penyelesaian proteksi untuk jalur B menuju Jakarta masih dilakukan dan akan diselesaikan malam ini.

Baca juga : Tinjau Longsor Tol Bocimi, Basuki: Penanganan Permanen Setelah Libur Lebaran

“Kita masih menyelesaikan proteksinya untuk menyelamatkan jalur yang B mudah-mudahan malam ini bisa kita selesaikan,” jelas Edi Yunanda.

Kata dia, proteksi yang diperlukan supaya bisa difungsikan. "Kita akan selesaikan di malam ini nanti keputusan untuk dipergunakan atau tidak sebagaimana diamanatkan itu menjadi kewenangan dari Kepolisian sepenuhnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau penanganan darurat Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu (3/4) malam. 

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, progres perbaikan sudah menggembirakan. Sebanyak 45 sheetpile yang ada di bagian bawah struktur tol sudah terpasang semua untuk menahan longsor. Kemudian yang di bagian atas akan dipasang 60 sheetpile. 

Dikatakan Basuki diupayakan pada Kamis (11/4) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional. "Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh kepolisian," ujarnya.

Baca juga : Ini Diskon Tarif Tol Cibitung-Cilincing Dan Kontak Darurat Arus Mudik Lebaran 2024

Selanjutnya, untuk penanganan permanen, Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024. 

"Berhubung libur Lebaran, setelah H+3 Lebaran material baru bisa datang lagi. Kita mulai kerja untuk penanganan permanen dan akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan," ujar Basuki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.