Dark/Light Mode

Soal Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Dasco: Sabar, Tunggu Putusan MK

Kamis, 11 April 2024 16:43 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, komposisi Kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka baru akan disusun usai putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ini (PHPU di) MK saja belum selesai. Sabar ya, sabar kalau yang itu,” ujar Dasco, di kediamannya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024).

Sejauh ini, kata Wakil Ketua DPR RI ini, baru ada pembicaraan-pembicaraan informal soal susunan kabinet Prabowo-Gibran.

“Kalau bicara-bicara informal ya baru beberapa hari ini lah. Nanti bicara-bicara banyaknya setelah (putusan) MK,” tandas Dasco.

Baca juga : Prabowo Pasang Foto Bareng Gibran, Ganjar Pajang Gambar Tiga Ketupat

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman membenarkan, sudah pembicaraan soal susunan kabinet di kalangan petinggi partai koalisi. 

"Pak Prabowo terus menerima masukan-masukan soal kabinet ini," ungkap Habiburokhman, di tempat yang sama. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko juga menyatakan, penyusunan kabinet Prabowo-Gibran masih dalam tahap diskusi informal antar partai koalisi pasangan presiden-wapres terpilih itu.

"Itu di Koalisi Indonesia Maju sudah ya. Hanya diskusi-diskusi saja sedikit, urun rembug saja, banyak brainstorming," kata Budiman, saat menghadiri open house di kediaman Prabowo Subianto, Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2024).

Baca juga : Dukungan Politik Untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran Diprediksi Semakin Besar

Ia menegaskan, susunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo.

“Tentu didiskusikan dengan mas Gibran ya,” imbuh Budiman.

Prabowo juga akan berkonsultasi dengan berbagai partai yang mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024 mengenai susunan kabinet.

“Informal saja (pembahasannya), tentu saja Pak Prabowo akan terus menggali. Beliau akan mencoba mengakomodasi pikiran-pikiran, perspektif berbagai macam pihak,” ungkapnya.

Baca juga : Projo Sentil Hasto, Pemerintah Prabowo-Gibran Usung Rekonsiliasi

Budiman juga tak menampik peluang Presiden Jokowi untuk menjadi penasihat khusus dalam kabinet Prabowo.

“Pak Jokowi menurut saya berkapasitas akan hal itu, tetapi nanti balik lagi ke keputusan Pak Prabowo,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.