Dark/Light Mode

Sinergi Basarnas Kabupaten Cianjur dan BPBD Tempatkan 1.000 Relawan di Obyek Wisata

Jumat, 12 April 2024 21:28 WIB
Relawan dan petugas disiagakan di obyek wisata pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, guna mengawasi dan mengimbau wisatawan yang jumlahnya meningkat pada H+1 lebaran di Pantai Cemara, Kecamatan Cidaun, Jumat (12/4/2024
Relawan dan petugas disiagakan di obyek wisata pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, guna mengawasi dan mengimbau wisatawan yang jumlahnya meningkat pada H+1 lebaran di Pantai Cemara, Kecamatan Cidaun, Jumat (12/4/2024

RM.id  Rakyat Merdeka - Basarnas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) setempat menempatkan sekitar 1.000 relawan di obyek wisata di Cianjur untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kecelakaan yang menimpa wisatawan.

Komandan Regu Basarnas Cianjur, Andika Zain mengatakan untuk pengamanan dan penanganan cepat bencana dan kecelakaan yang menimpa wisatawan selama libur panjang Hari Raya, pihaknya mendirikan posko bersama di sejumlah titik di jalur mudik Cianjur.

"Kami juga mendirikan pos keselamatan di sejumlah obyek wisata air seperti di pantai selatan Cianjur bekerja sama dengan Polair Polres Cianjur, BPBD Cianjur, PMI Cianjur, dan Damkar Cianjur, serta relawan se-Cianjur," ujar Andika seperti dilansir Antara di Cianjur, Jumat (12/4/2024).

Baca juga : Dispar & DPRD Banten dan Pemkab Tangerang Beri Santunan 1.000 Anak Yatim

Petugas gabungan disiagakan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, di mana petugas akan memberikan berbagai pelayanan kemanusiaan termasuk melakukan upaya cepat ketika terjadi kecelakaan di jalan raya, pantai, dan waduk.

Petugas yang ditempatkan di obyek wisata juga melakukan pengawasan dan imbauan pada wisatawan agar tetap mengutamakan keselamatan dan menghindari air terjun atau pantai ketika hujan turun deras disertai angin kencang yang berpotensi mengancan keselamatan.

"Petugas akan melakukan pengawasan terhadap wisatawan yang menghabiskan libur panjang hari raya di obyek wisata di Cianjur, terutama wisata pantai, di mana Relawan Tangguh Bencana (Retana) BPBD Cianjur sudah disiagakan," kata Andika.

Baca juga : Singgah Di Tanah Karo, Alam Ganjar Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya mengatakan relawan gabungan dari berbagai organisasi kemanusiaan telah ditempatkan di obyek wisata yang berpotensi terjadi kecelakaan terutama wisata air seperti Waduk Jangari dan pantai selatan.

"Kami melakukan kordinasi dengan Basarnas, Polair Polres Cianjur, PMI Cianjur, Damkar Cianjur dan Forum Relawan di Cianjur, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik dan wisatawan yang menghabiskan libur di obyek wisata Cianjur," kata Asep.

Ia menambahkan, relawan juga disiagakan di belasan pos pengamanan di sepanjang jalur mudik, yang dibangun Polres Cianjur untuk membantu petugas mengatur arus lalu lintas serta melakukan pemantauan wilayah rawan bencana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.