Dark/Light Mode

Pengamat: Wacana Bersatunya Kubu Anies-Ganjar Harus Dipadukan Kekuatan Rakyat

Jumat, 19 Januari 2024 15:21 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik sekaligus Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan, sudah sepantasnya ada garis tegas antara penguasa dan rakyat, dan garis tegas antara yang ingin terus berkuasa dengan yang menginginkan demokrasi.

Hal itu disampaikan Hendri Satrio saat ditanya soal peluang bergabungnya kubu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan kubu paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam kemungkinan putaran kedua Pilpres 2024.

Pria yang akrab disapa Hensat ini menyatakan, komunikasi antara kubu Anies Baswedan dan kubu Ganjar Pranowo bersama rakyat dan masyarakat sipil, harus dilakukan.

Baca juga : Pengamat: Maruarar Sirait Tak Bisa Teruskan Legacy Keluarga

"Komunikasi antar rakyat, komunikasi antara 1-3 (Kubu Anies dan Ganjar), komunikasi antar pegiat demokrasi harus dilaksanakan dan implementasinya diwujudkan," ujar Hendri Satrio, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (19/1/2024).

Sebelumnya, wacana bergabungnya kubu Anies Baswedan dengan Kubu Ganjar Pranowo kembali berhembus pasca debat calon presiden (capres) pada 7 Januari 2024 lalu.

Keduanya kompak melontarkan kritikan terhadap kebijakan pertahanan RI yang dipimpin oleh capres nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 13 Desember Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Baik Anies maupun Ganjar, juga merespons positif wacana kerja sama satu sama lain, seandainya Pilpres 2024 berlanjut ke putaran kedua.

Bahkan Anies secara terbuka menyampaikan ucapan HUT ke-51 PDI Perjuangan (PDIP), sekaligus melontarkan pujian kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang dinilainya sebagai sosok yang konsisten berani menjaga demokrasi di Indonesia.

Terbaru, cawapres paslon 1 Muhaimin Iskandar melontarkan pujian kepada Ganjar ketika Ganjar mengucapkan narasi perubahan dalam pidatonya saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di sekolah partai, Lenteng Agung Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca juga : Niat Puasa Bulan Rajab Beserta Tata Cara, Dalil Dan Keutamaannya

"Itu baru top. Top." ujar Cak Imin sambil mengacungkan dua jempolnya saat ditanya wartawan usai bertemu peternak ayam petelur di Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

"Intinya, I love Pak Ganjar,” ucap Cak Imin masih dengan dua jempol.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.