Dark/Light Mode

KSAL Sebut Perselisihan Anggota TNI-AL Brimob Berakhir Damai

Minggu, 14 April 2024 23:50 WIB
Foto: Dispenal
Foto: Dispenal

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memastikan, perselisihan anggota TNI AL dan oknum Brimob Polda Papua Barat di pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya, berakhir dengan damai.

“Sebagai Prajurit Jalasena harus selalu menunjukkan jiwa ksatria dan selalu menjunjung tinggi sinergisitas kepada seluruh instansi dan elemen masyarakat dimanapun berada,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (14/4/2024).

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan sangat menyayangkan insiden tersebut. Sebab, selama ini hubungan antara TNI/Polri telah terjalin baik.

Baca juga : Sisa Satu Musim Bersama Tim Mercedes, Hamilton Ingin Berakhir Manis

“Kami tetap mendukung upaya Polda Papua Barat, dan kami juga akan tetap melakukan penyelidikan guna penyelesaian masalah ini,” ucap jenderal bintang dua TNI itu.

Laksamana Muda Hersan mengungkapkan, Kapolda Papua Barat Irjen Johnny Eddizon Isir sudah menyampaikan permohonan maaf kepada TNI.

Kapolda juga berjanji akan memberikan tindakan tegas kepada para pelaku yang menyebabkan rusaknya soliditas TNI-Polri.

Baca juga : Kapolda Metro Resmikan Gedung Brimob Baru Dan Cagar Budaya

“Kami berharap rekan-rekan yang masih di rumah sakit segera diberikan kesembuhan, dan sekali lagi, kita tetap menjaga soliditas TNI-Polri,” tandasnya.

Sebelumnya, terjadi bentrok antara sejumlah personel Polisi Militer TNI AL (Pomal) Lantamal XIV/Sorong dengan anggota Brimob Polda Papua Barat Batalyon B Sorong, Minggu pagi sekitar pukul 09.30 WIT.

Bentrok diduga terjadi akibat salah paham antara oknum anggota Brimob dan Pomal TNI AL di Pelabuhan laut Sorong kemudian berdampak pada perkelahian antara sesama aparat.

Baca juga : BEM PTNU Jabar Deklarasi Pemilu Damai

Akibatnya sejumlah personel Kepolisian dan TNI AL mengalami luka-luka.

Dampak lain dari bentrokan itu, sejumlah fasilitas ikut dirusak, seperti Terminal Pelabuhan Laut Sorong, Polsek KP3 Laut, Pos Lantas Drive Thru Kuda Laut.

Selain itu, 2 Pos Pengamanan Idul Fitri Polresta Sorong Kota di Jalan Yos Sudarso, Kampung Baru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.