Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik, JMKT Optimalkan Layanan di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Minggu, 14 April 2024 16:42 WIB
Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) selaku pengelola Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) memprediksi puncak arus balik di Ruas Tol MKTT akan terjadi Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. JMKT)
Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) selaku pengelola Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) memprediksi puncak arus balik di Ruas Tol MKTT akan terjadi Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. JMKT)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) selaku pengelola Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) memprediksi puncak arus balik di Ruas Tol MKTT akan terjadi pada Senin (15/4/2024).

Jumlah volume lalu lintas (lalin) diperkirakan mencapai 24.611 kendaraan atau meningkat 71,82 persen dari volume lalin normal.

Adapun transaksi tertinggi diperkirakan akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Kualanamu sebanyak 6.967 kendaraan.

Baca juga : Hadapi Arus Balik, ASDP Tingkatkan Keamanan Penumpang Di Bakauheni

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu-Tebing Tinggi (JMKT) Thomas Dwiatmanto mengatakan, PT JMKT bersama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku service provider pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)  memastikan kesiapan operasional TIP arah Medan di KM 65 B dan TIP arah Tebing Tinggi di KM 65 A pada ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Thomas menambahkan, untuk memberikan pelayanan keamanan dan kesehatan pengguna TIP, pengelola mendirikan posko kesehatan dan posko keamanan yang bekerjasama dengan instansi setempat.

Selain itu pengelola juga menyiagakan layanan bengkel darurat dan menambah 19 toilet fungsional serta menyiagakan pelayanan selama 24 jam.

Baca juga : Arus Balik, PT JMJ Operasikan Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo

Selain menyiagakan pelayanan TIP, JMKT juga memastikan kesiapan operasional, untuk layanan transaksi dengan mengoptimalikan gardu operasi.

Sementara untuk kesiapan layanan lalu lintas dilakukan dengan menyiagakan 1 armada rescue, 2 armada ambulans, 5 armada derek, 3 armada Patroli Jalan Raya (PJR), 5 armada mobile customer services(MCS), 184 unit closed circuit television (CCTV), 14 unit smart CCTV dan 11 unit  dynamic message sign (DMS).

JMKT mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol.

Baca juga : Mudik Asyik Baca Buku 2024, Membawa Kebutuhan Bacaan di Perjalanan

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di TIP terdekat. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat di akses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.