Dark/Light Mode

Ratusan Siswa Ikuti Utsawa Dharma Gita XV Tingkat Jawa Barat

Selasa, 23 April 2024 13:50 WIB
Ketua PHDI Kota Bekasi, Cimahi, Purwakarta, Bogor, dan daerah lain turut hadir memberikan dukungan pelaksanaan UDG XV Jabar tahun 2024. (Foto: Istimewa)
Ketua PHDI Kota Bekasi, Cimahi, Purwakarta, Bogor, dan daerah lain turut hadir memberikan dukungan pelaksanaan UDG XV Jabar tahun 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Utsawa Dharma Gita (UDG) XV Tingkat Provinsi Jawa Barat diikuti oleh 159 orang peserta yang  didominasi siswa-siswa pasraman se-Jabar.

UDG tahun ini dilaksanakan di Gedung Pasraman dan Wantilan Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi pada Sabtu (20/4/2024).

Utsawa Dharma Gita merupakan festival atau lomba nyayian suci keagamaan Hindu yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Hindu.Kegiatan UDG rutin dilaksanakan setiap 3 (tiga) tahun sekali.

Ketua Panitia Pelaksana I Nyoman Suranta menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh kontingen dari 10 (sepuluh) Kota/Kabupaten yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Cirebon.

Baca juga : Fesbul Umumkan 2 Film Terbaik Lokus 2 dari Jawa Barat

“Kontingen dari 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat mengikuti 8 kategori lomba atau seluruh kategori yang dilombakan dalam utsawa tingkat nasional”, ujar Suranta dalam keterangannya, Selasa (23/4/2024).

Sementara itu, Ketua LPDG Provinsi Jawa Barat yaitu I Ketut Wiguna menyampaikan, UDG yang ke XV ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk membumikan spirit dan nilai-nilai ilmu pengetahuan Weda.

“Seleksi UDG ini diharapkan bukan hanya sebuah utsawa/lomba, tetapi juga sesungguhnya adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita, membangun nilai melalui pelembagaan ilmu pengetahuan dalam rangka untuk mencapai tujuan utama umat Hindu yaitu Jagadhita dan Moksa,” ujar Wiguna.

Wiguna mengapresiasi Banjar Bekasi yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dalam pelaksanaan kegiatan ini, dan semua pihak yang telah mendukung kesuksesan UDG Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Indonesia Kembangkan Ternak Sapi Di 3 Daerah

Saat membuka acara, Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yaitu Ni Putu Suparini antusias untuk menyemangati para peserta utsawa.

Pihaknya memberikan motivasi dan dukungan penuh serta berharap generasi muda Hindu dapat mengharumkan nama Provinsi Jawa Barat dalam UDG Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Surakarta pada akhir Juni 2024.

Menanggapai pertanyaan terkait dukungan pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam UDG kali ini, Suparini mengutarakan bahwa Pemerintah Provinsi mengapresiasi kegiatan UDG yang sangat positif dalam pengembangan generasi muda di Jawa Barat.

“Saya sempat berkoordinasi dengan Pemrov Jabar, sangat mengapresiasi dan berharap perwakilan dari Jawa Barat dapat memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Baca juga : Dorong Kemajuan Industri Kesehatan, SILO Tingkatkan Layanan Spesialisasi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi yaitu I Gusti Made Rudhita menjelaskan bahwa Utsawa adalah merupakan festival atau lomba. Sedangkan dharma gita adalah nyanyian suci keagamaan.

Dengan demikian, UDG adalah festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu. UDG ini mirip dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Pesparawi, Pesparani, dan sejenisnya.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan kitab suci Weda bagi umat Hindu. Juga bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca kitab suci Weda serta memantapkan kerukunan intern umat Hindu dan antar umat beragama," pungkas Rudhita.

Turut hadir dalam acara tersebut kelian Banjar Bekasi yaitu I Gede Darmayusa, Ketua dan pengurus PHDI se-Jawa Barat, Ketua dan pengurus LPDG se-Jawa Barat, Pecalang Jaga Bhuana, STT Yowana Bagasasi, petugas kesehatan, pimpinan organisasi keumatan, official kontingen dan Peserta UDG.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.