Dark/Light Mode

Pasca Gempa Garut

Pemprov Jabar Imbau Masyarakat Tetap Waspada, Jangan Panik

Minggu, 28 April 2024 17:17 WIB
Pasca Gempa Garut Pemprov Jabar Imbau Masyarakat Tetap Waspada, Jangan Panik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemda kabupaten/kota untuk menghimpun data dan laporan terkait dampak gempa Garut.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menyatakan, koordinasi dan komunikasi yang intens bertujuan agar pendataan berjalan maksimal.

Dengan begitu kata dia, penanganan dampak gempa magnitudo 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23:29 WIB tersebut dapat optimal.

Baca juga : Gempa Kuat M6,5 Guncang Jabar Dan Sekitarnya, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

"Sampai saat ini, penghimpunan data dan laporan masih terus dilakukan pemda provinsi dan pemda kabupaten/kota. Pendataan ini menjadi langkah awal bagi pemerintah untuk melakukan penanganan dengan optimal," tutur Herman, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4/2024).

Berdasarkan laporan dan pantauan sementara TAGANA Kabupaten Garut, sebanyak empat orang mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.

Selain itu, 25 rumah dan satu fasilitas umum dilaporkan mengalami kerusakan ringan dan sedang.

Baca juga : Cuaca Bekasi Hari Ini Per Jam Jumat 26 April 2024, Waspada Petir Di Siang Bolong

Herman memastikan Pemda Provinsi Jabar bersama pemda kabupaten/kota akan memberikan penanganan yang optimal kepada masyarakat terdampak gempa Garut.

Herman juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

"Imbauan kami kepada masyarakat untuk tetap waspada, tetapi jangan panik. Pantau informasi dari situs resmi BMKG dan BPBD setempat. Mohon juga untuk ikuti arahan dari pemerintah setempat," jelasnya.

Baca juga : Hadi: Rakyat Tak Berdaya Berhadapan Dengan Mafia

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23:29 WIB.

Lokasi gempa berada di 151 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 km. Gempa terasa di sejumlah daerah di Jabar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.