Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Status Gunung Ruang Turun Dari Awas Ke Siaga

Senin, 13 Mei 2024 22:09 WIB
Potret aktivitas Gunung Ruang Sulawesi Utara
Potret aktivitas Gunung Ruang Sulawesi Utara

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menaikkan status Gunung Api Ruang menjadi Level IV awas pada Selasa, 30 April 2024 lalu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menurunkan status Gunung Ruang menjadi Level III Siaga, mulai Senin (13/5) pukul 09.00 WITA.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas diturunkan dari Level IV awas menjadi Level I siaga," ujar Kepala PVMBG, Hendra Gunawan di Bandung.

Baca juga : Gunung Ruang Dan Ancaman Tersembunyi Dari Laut: Tsunami

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan, kegempaan tanggal 1-12 Mei 2024 tercatat 2 kali gempa erupsi, 19 kali gempa guguran, 22 kali gempa hembusan, 91 kali gempa vulkanik dangkal, 29 kali gempa vulkanik dalam, 6 kali gempa tektonik lokal, 56 kali gempa tektonik jauh, dan 53 kali tremor menerus. 

Lalu, kegempaan tanggal 13 Mei 2024 sampai pukul 06.00 WITA terekam 1 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Tektonik Jauh dan tremor menerus dengan amplitudo dominan 2 mm.

Baca juga : Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Jamu Tradisional Raih Award PNM Mekaar

"Jumlah gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal periode 1-12 Mei 2024 (pasca erupsi 30 April 2024) cenderung menurun tremor menerus masih terekam dengan dengan amplitudo dominan mengecil pada kisaran 2-4 mm. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal, tekanan lemah dan tinggi 100- 400 m di atas puncak kawah. Namun ketinggiannya mulai menunjukkan kecenderungan stabil," jelas Hendra.

Mengenai potensi bahaya, Hendra mengungkapkan, saat ini potensi bahaya yang timbul berupa erupsi yang menghasilkan lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang.

Baca juga : Update Aktivitas Gunung Ruang: Masih Status Awas, Ini Imbauan Untuk Masyarakat

Selanjutnya, PVMBG kembali mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km dan yang di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar," tutup Hendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.