Dark/Light Mode

Muntahkan Material Vulkanik Dan Ciptakan Jilatan Petir

Erupsi Gunung Ruang Ikut Disorot Media Asing

Jumat, 19 April 2024 07:25 WIB
Gunung Ruang mengeluarkan abu vulkanik saat terjadi erupsi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024).  (Foto: BPBD Kab Sitaro)
Gunung Ruang mengeluarkan abu vulkanik saat terjadi erupsi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024). (Foto: BPBD Kab Sitaro)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tagar Gunung Ruang menghiasi trending topic media sosial X hingga Rabu (17/4/2024). Selain memuntahkan material vulkanik dan menciptakan badai petir pada Rabu (17/04/2024), letusan Gunung Ruang juga membuat 1.585 warga di Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara (Sulut), dievakuasi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyatakan, sekitar 1.585 dari 11.615 penduduk di Tagulandang Biaro dievakuasi pasca erupsi Gunung Ruang.

“Mengacu pada aplikasi Inarisk, sekitar 1.585 warga memiliki risiko tinggi dan harus dievakuasi. Mereka berada dalam radius 2,5 kilometer, atau berada di wilayah pantai barat Pulau Tanggulandang,” ujar Muhari dalam keterangan pers, Kamis (18/4/2024).

Baca juga : The Citizens Gagal Pertahankan Gelar

Berdasarkan informasi dari tim SAR, sambung dia, proses evakuasi warga masih terus berlangsung. Diperkirakan, sebanyak 800-an jiwa melakukan evakuasi secara mandiri dan dibantu dengan kapal Kantor SAR Manado.

Dalam evakuasi tersebut, ada warga yang naik ke puncak bukit, dan ada yang menyeberang menggunakan kapal. Mengenai korban akibat letusan Gunung Ruang, beberapa orang dil­aporkan terluka akibat terkena serpihan material batu kerikil saat erupsi, tapi tidak ada korban meninggal.

Terpisah, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) me­minta masyarakat menghindari Gunung Ruang.

Baca juga : Raducanu Hantam Kerber

Ketua Tim Kerja Pengamatan Gunung Api Badan Geologi Kementrian ESDM Heruningtyas mengatakan, Gunung Ruang masih memiliki potensi terjadi erupsi.

“Potensi erupsi masih tinggi dalam beberapa waktu ke de­pan. Kita harus tetap waspada dan rekomendasi kami be­lum berubah, jarak aman 6 km dari pusat aktivitas,” ujar Heruningtyas dalam jumpa pers, Kamis (18/4/2024).

Di media sosial X, foto dan video erupsi Gunung Ruang terus bermunculan. Dalam se­jumlah foto, selain memuntah­kan material vulkanik, erupsi Gunung Ruang juga mencip­takan jilatan petir.

Baca juga : Ihsan Yunus Diperiksa KPK

Akun @IzzraifHarz menilai, erupsi Gunung Ruang meru­pakan hal baru. Dia baru pertama melihat letusan gunung yang disertai petir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.