Dark/Light Mode

Banjir Bandang Sumbar Tewaskan 44 Orang

Selasa, 14 Mei 2024 08:00 WIB
Warga berjalan di atas tumpukan material akibat banjir bandang di Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa)
Warga berjalan di atas tumpukan material akibat banjir bandang di Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa)

 Sebelumnya 
“Dalam dua bulan terakhir ini, BNPB mencatat ada tiga kali laporan banjir lahar hujan, meskipun kemudian intensitasnya tidak sebesar ini,” ungkap Abdul.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memprediksi, masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan.

“Artinya kewaspadaan terhadap terjadinya banjir lahar hujan, juga Galodo atau banjir bandang serta longsor ini masih akan berlanjut paling tidak hingga tanggal 17-22 Mei atau sepekan ke depan,” warning Dwikorita.

Baca juga : Kawal Janji Politik Prabowo

Dia berpesan, agar warga yang berada di wilayah Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang untuk menghindari atau menjauhi lereng-lereng bukit atau gunung yang rawan longsor.

Antisipasi dampai banjir bandang, Pemerintah Daerah Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari hingga 25 Mei 2024. Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan yang ditandatangani masing-masing kepala daerah.

Bupati Agam, Andri Warman mengeluarkan, SK Tanggap Darurat bernomor 213 tahun 2024, sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra mengeluarkan SK dengan nomor 100.3.3.2/166/BPBD-2024. Wali Kota Padang Panjang melalui Pj Wali Kota Sonny Budaya Putra mengeluarkan SK Tanggap Darurat dengan nomor 101 tahun 2024.

Baca juga : Duit Habis, Cari Pinjaman Sana-sini, Utang Numpuk

Mendengar musibah ini, netizen ikut berduka. “Turut berduka,” ulas @Pengejar_Visi. “Banjir lahar dingin lebih tepatnya, dua gunung di Sumbar mengeluarkan lahar dingin disertai batu-batu besar. Beberapa akses jalan terputus, jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Padang-Bukittinggi putus total,” sahut @demighiffard.

“Innalillahi wa innailaihi raajiuun. Semoga musibah ini segera berakhir, saudara kita di Tanah Minang diberikan kekuatan dan kesabaran, serta limpahan rahmat kebaikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Aamiin ya Rabb,” doa @hamdanfahmi2.

“Semoga keluarga korban tabah dan sabar. Semoga cepat pulih,” ucap @Maell_12. “Ya Allah, mudah-mudahan cepat membaik lagi,” harap @SilviaN10311022.

Baca juga : Sudirman Batal Nyagub

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 14 Mei 2024 dengan judul Banjir Bandang Sumbar Tewaskan 44 Orang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.