Dark/Light Mode

Dipuji Presiden WWC, Pelaksanaan World Water Forum Kemenangan Diplomasi RI

Minggu, 19 Mei 2024 15:21 WIB
Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon saat memberikan keterangan usai menyaksikan ritual upacara Segara Kerthi di Pantai Serangan, Denpasar, Sabtu (18/5) sore.
Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon saat memberikan keterangan usai menyaksikan ritual upacara Segara Kerthi di Pantai Serangan, Denpasar, Sabtu (18/5) sore.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon memuji persiapan pelaksanaan World Water Forum Ke-10 di Denpasar Bali.

Ia menilai, pelaksanaan Forum Air Dunia yang dilaksankana di Indoensia ini merupakan yang paling terbaik dan profesional dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

“Sejak 30 tahun lalu, pelaksanaan WWF tahun ini yang paling terbaik dan profesional yang pernah saya lihat,”kata Loic usai menyaksikan ritual upacara Segara Kerthi di Pantai Serangan, Denpasar, Sabtu (18/5) sore.

Baca juga : Pilkada Momen Majukan Daerah, Siapapun Yang Menang Harus Dihormati

Untuk itu, Loic menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Bali, dan Indonesia serta seluruh tim yang telah menyiapkan forum yang diadakan tiga tahun sekali itu.

Ia pun mengaku, takjub dengan hari pertama pelaksanaan forum air dunia tersebut yang diawali dengan mengangkat tradisi dan kearifan lokal masyarakat Bali, melalui ritual Segara Kerthi.

“Kegiatan upacara keagamaan ini sangat luar biasa. Ribuan delegasi turut hadir mengikuti prosesi pemuliaan terhadap air menurut tradisi Hindu di Bali itu,” imbuhnya.

Baca juga : Dukung World Water Forum, Telkomsel Perkuat Jaringan Di Pulau Dewata

Bahkan, ia menyebutkan, bahwa World Water Forum Ke-10 di Bali, menjadi yang paling sukses dan menjadi kejayaan diplomasi bagi Indonesia. “Forum ini menjadi diplomatic victory untuk Indonesia,” katanya.

Ritual Segara Kerthi tersebut juga dirangkai dengan perayaan Tumpek Uye, yakni tradisi Bali, dalam menjaga hubungan harmonis antara manusia dengan tumbuhan dan hewan. Prosesi tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh pejabat dan undangan yang hadir.

WWF ke-10 akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Forum air terbesar dunia tersebut, rencananya dihadiri sebanyak 13.448 orang dari 148 negara. Adapun, delegasi VVIP terdiri dari 8 kepala negara dan wakil kepala pemerintahan, 3 utusan khusus, dan 38 menteri. Nantinya, para delegasi berfokus membahas empat hal terkait air. Mulai dari konservasi air, air bersih dan sanitasi , ketahanan pangan dan energi hingga mitigasi bencana alam 

Baca juga : 130 Toyota bZ4X Siap Layani Delegasi World Water Forum Di Bali

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.