Dark/Light Mode

Gempa M4,6 Goyang Kabupaten Sukabumi, Pemicunya Aktivitas Sesar Dasar Laut

Senin, 20 Mei 2024 22:10 WIB
Gempa M4,6 Goyang Kabupaten Sukabumi, Pemicunya Aktivitas Sesar Dasar Laut

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa tektonik M4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (20/5/2024) pukul 20.42.24 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 7.69 LS dan 106.42 BT. Berlokasi di laut pada jarak 79 km arah barat daya Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 22 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.

Baca juga : BMKG: Gempa M4,0 Bandung Dipicu Aktivitas Sesar Bawah Laut

Gempa ini dirasakan di wilayah Cipamingkis, Surade, Jampang, dan Ciracap dengan skala intensitas III MMI.

Dalam skala III MMI, gempa dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Simpenan, Sindangbarang, Nagrak, dan Cianjur Selatan dengan Skala Intensitas || - III MMI. Dalam skala II MMI, gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga : Gempa M6,5 Goyang Kabupaten Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

Hingga kini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Sampai pukul 21. 26 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Terkait hal ini, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga : Gempa M3,1 Sukabumi Dipicu Sesar Cugenang, Belum Ada Laporan Kerusakan Bangunan

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/X @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://bbmkg2.bmkg.go.id/atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id., atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.