Dark/Light Mode

BMKG: Gempa M4,0 Bandung Dipicu Aktivitas Sesar Bawah Laut

Rabu, 1 Mei 2024 21:14 WIB
BMKG: Gempa M4,0 Bandung Dipicu Aktivitas Sesar Bawah Laut

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, tepatnya pukul 20.35.01 WIB, wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa tektonik bermagnitudo 4,0.

Episenter terletak pada koordinat 7.82 LS dan 107.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km BaratDaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 24 km.

Baca juga : BMKG: Gempa Selatan Jabar M6,2 Bukan Gempa Megathrust

Terkait hal ini, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Hartanto menjelaskan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Cidora, Pamengpeuk, Cisewu, Bungbulang, Singaparna, Talegong dengan Skala Intensitas Ill MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Pamulihan dan Garut, gempa terasa dalam skala intensitas I| MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga : Gempa M3,1 Sukabumi Dipicu Sesar Cugenang, Belum Ada Laporan Kerusakan Bangunan

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," kata Hartanto via Instagram, Rabu (1/5/2024).

Hingga pukul 21:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Baca juga : Komisi VI DPR Minta Aturan Barang Bawaan Dituntaskan

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter@bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://bbmkg2.bmkg.go.id/atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id)., atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.