Dark/Light Mode

Olahkarsa Gandeng GBCI Kerja Sama Sertifikasi Dan Desain Bangunan Hijau

Selasa, 21 Mei 2024 16:38 WIB
Olahkarsa Inovasi Indonesia dan Green Building Council Indonesia (GBCI) menyepakati kerja sama pengembangan pendidikan, penelitian dan konsultasi di Bidang Desain dan Bangunan Hijau. (Foto: Istimewa)
Olahkarsa Inovasi Indonesia dan Green Building Council Indonesia (GBCI) menyepakati kerja sama pengembangan pendidikan, penelitian dan konsultasi di Bidang Desain dan Bangunan Hijau. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Olahkarsa Inovasi Indonesia dan Green Building Council Indonesia (GBCI) menyepakati kerja sama pengembangan pendidikan, penelitian dan konsultasi di Bidang Desain dan Bangunan Hijau (green building) di Yogyakarta.

Tak hanya penandatangan kerja sama, GBCI juga mengundang seluruh tamu acara untuk melihat bentuk nyata gedung yang telah tersertifikasi Green Building di Yogyakarta.

Kerja sama ini terjalin karena perkembangan Industri konstruksi dan real estate menunjukkan pergeseran paradigma yang signifikan.

Para pelaku industri semakin condong ke arah praktik bangunan berkelanjutan, yaitu bangunan ramah lingkungan tidak hanya menawarkan penghematan biaya jangka panjang, namun juga berkontribusi terhadap pengurangan konsumsi sumber daya dan dampak lingkungan serta peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para penghuninya.

Baca juga : Didampingi Iriana, Presiden Tinjau Lokasi Dan Korban Banjir Bandang Sumbar

Untuk itu, PT Olahkarsa Inovasi Indonesia dan GBCI yang didukung oleh Universitas Ciputra, membangun kerja sama jangka panjang untuk mendorong implementasi bangunan ramah lingkungan.

Perjanjian kerja sama ini mencakup pengembangan pendidikan, penelitian, dan konsultasi di bidang desain dan bangunan hijau.

Head of GBC Indonesia Yogyakarta Ar. Daud Tjondrorahardja mengatakan, generasi muda khususnya para arsitek dan insinyur memegang peranan krusial dalam menciptakan bangunan yang tidak hanya estetis dan fungsional, namun juga ramah lingkungan.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap semakin banyak profesional yang meningkatkan kompetensi mereka di bidang green building dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia," kata Daud dalam keterangannya, Selasa (21/5/2024).

Baca juga : Bantah Dikirimi Musang King, SYL: Keluarga Saya Nggak Suka Durian, Bisa Muntah

Co-Founder & CEO Olahkarsa Unggul Ananta menuturkan, Olahkarsa percaya bahwa teknologi dapat menjadi jembatan menuju dunia yang lebih hijau.

"Melalui platform kami dan kolaborasi dengan GBC Indonesia, kami ingin menciptakan ekosistem yang kondusif bagi tumbuhnya para profesional green building dan mendorong terwujudnya bangunan ramah lingkungan di Indonesia," tuturnya.

Adapun, salah satu kerja sama yang akan dijalankan dalam waktu terdekat adalah penyelenggaraan Corporate Sustainability School yang akan dijalankan selama tiga hari, mulai dari 25-27 Juni 2024.

Acara ini bertujuan untuk memudahkan peserta mendapatkan pelatihan Green Building Associate (GA) dan mempelajari implementasi green building secara langsung.

Baca juga : Pilkada Momen Majukan Daerah, Siapapun Yang Menang Harus Dihormati

Corporate Sustainability School merupakan kesempatan emas bagi para profesional di industri konstruksi dan real estate untuk mempelajari lebih lanjut mengenai green building dan mendapatkan sertifikasi Green Building Associate.

Sementara, Program Manager Universitas Ciputra Entrepreneurship Center Eric Harianto mendukung PT Olahkarsa Inovasi Indonesia dan GBC Indonesia.Ia mengaku sangat antusias dengan kerja sama ini.

"Peran kami sebagai jembatan kedua belah pihak merupakan langkah nyata untuk mewujudkan kolaborasi pentahelix dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Kerja sama ini meliputi berbagai macam aspek, seperti pemerintah, industri, akademisi, komunitas, dan media. Diharapkan dapat semakin meluas kedepannya," ucap Ananta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.