Dark/Light Mode

Bursa Calon Ketua Umum Golkar

Soksi Dukung Airlangga Kembali Pimpin Beringin

Sabtu, 11 Mei 2024 07:30 WIB
Ketua Umum Depinas Soksi, Ali Wongso Sinaga
Ketua Umum Depinas Soksi, Ali Wongso Sinaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartartokembali memimpin partai berlambang Beringin terus mengalir. Kali ini, datang dari Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas-Soksi).

KETUA Umum Depinas Soksi, Ali Wongso Sinaga mengungkapkan, kepemimpinan Airlangga dinilai berhasil dalam men­dongkrak suara Golkar. Di bawah komandonya, Beringin meraih peringkat kedua perolehan suara terbanyak setelah PDIP di Pileg 2024.

“Pak Airlangga yang ratingnya tertinggi, paling baik. Terlebih ditambah prestasi kepemimpi­nan beliau yang bisa kita lihat dari hasil Pemilu,” kata Ali, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pemerintah Perketat Usulan

Menurutnya, Airlangga layak Kembali memimpin Golkar. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu sudah ber­hasil membuktikan kapasitasnya membawa kemakmuran partai.

Diungkapkannya, bukan kaliini saja Soksi mendukung Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar. Di Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar 2019 lalu, Soksi bersama organisasi sayap partai lainnya juga mendu­kung Airlangga. “Di 2019 juga kita mendukung (Airlangga) bersama tri karya lain,” katanya.

Diketahui, Golkar akan meng­gelar Munas pada Desember 2024 mendatang untuk memilih posisi ketua umum. “Munas Golkar Insya Allah akan dilak­sanakan pada bulan Desember tahun ini," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno.

Baca juga : Sudirman Said Nyagub

Ditegaskannya, siapa saja bisa bergabung dengan partai berlam­bang pohon beringin tersebut. Apalagi jika ingin maju men­jadi ketua umum Partai Golkar. Namun, hal itu bisa dilakukan jika memenuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Berkenan ada keinginan un­tuk maju sebagai Ketum Golkar, tapi sesuai AD/ART belum. Gini lah, Golkar terus membuka ruang untuk siapa pun bergabung untuk bisa berkarir atau berkarya," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut saat ini beredar empat nama di bursa Calon Ketua Umum Partai Golkar. Bamsoet memastikan dirinya akan maju pada Munas yang rencananya akan digelar pada Desember mendatang.

Baca juga : Jukir Liar Sangat Pantas Segera Ditertibkan, Pak!

Sementara, tiga nama lainnya yang muncul di bursa Caketum adalah Airlangga Hartarto, Bahlil Lahadalia, dan Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK).

"Setidaknya santer empat suara yang muncul di permu­kaan yang akan bertarung di forum Munas tahun ini. Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Jumat (8/3/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.