Dark/Light Mode

ID Card Digital Taptap Ramaikan Inabuyer B2B2G Expo 2024

Kamis, 23 Mei 2024 20:38 WIB
Gelaran Inabuyer B2B2G Expo 2024
Gelaran Inabuyer B2B2G Expo 2024

RM.id  Rakyat Merdeka - Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang berlangsung pada 15 - 17 Mei 2024 telah dilaksanakan dengan meriah, berbagai supplier dari Lembaga Pemerintahan maupun Swasta terlibat di kegiatan yang berlokasi di Gedung Smesco, Jakarta.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah menyampaikan, pihaknya konsisten menyelenggarakan acara inabuyer B2B2G Expo berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi & UKM serta didukung Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Smesco, dan diinisiasi oleh Spectindo.

Budihardjo mengatakan, acara ini untuk mendukung program Belanja di Indonesia Aja, Beli Buatan Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) - Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menambahkan, memajukan perekonomian supaya bisa naik kelas, salah satunya melalui Inabuyer.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi saat ini stabil dikisaran 5 persen, tidak pernah dibawah 4 persen hal ini didukung juga oleh semua pihak.

Baca juga : Lampaui Tahun Lalu, Inabuyer B2B2G Expo 2024 Raup Transaksi Rp 1,5 Triliun

"Dengan memajukan produk-produk harus dengan banyak koordinasi salah satunya melalui program inabuyer ini, Hippindo dan team mempertemukan pemilik produk lokal dengan buyernya," ujar Jerry.

Inabuyer B2B2G Expo 2024 menampilkan serangkaian kegiatan yang menarik mulai dari talkshow, diskusi panel, workshop, seminar, member gathering, hingga launching Komunitas Buyer yang akan mendukung percepatan penyiapan rantai pasok sehingga produk-produk yang bervariasi.

Lebih lanjut Budihardjo mengatakan, HIPPINDO sebagai wadah para peritel dan penyewa sangat mendukung kemajuan industri dalam negeri guna membangun ekonomi yang kuat.

"Peritel sebagai penggerak lokomotif/ garda terdepan sektor perdagangan membutuhkan rantai pasok yang dapat diandalkan dan berkualitas untuk memastikan ketersediaan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen," ucap Budihardjo dalam keterangannya, Kamis (23/5/2024).

Menurutmya, kolaborasi antara sektor hilir dan hulu dapat terjadi dengan lebih lancar, sehingga memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan standar konsumen karena peritel dapat memberikan masukan mengenai tren pasar dan preferensi konsumen.

Baca juga : Hippindo Sebut Nilai Transaksi Inabuyer B2B2G Expo 2024 Capai Rp 1 Triliun

Selain dengan Kemenkop dan UKM dan Kemenperin, HIPPINDO juga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, melalui pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Program ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang siap terjun ke industri ritel dan bersaing di pasar global. Sehingga nantinya sdm kita juga bisa go global dan membantu pembukaan toko- toko kita di luar negeri.

Ini adalah langkah yang signifikan menuju visi Indonesia sebagai pusat perdagangan regional dan global.

Sementara itu, Brand Manager Taptap Miki mengatakan, Taptap yang memiliki produk ID Card Digital turut hadir menjadi salah satu supplier yang hadir pada kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024.

"Kami sangat senang dengan kegiatan Inabuyer kali ini, selama tiga hari kegiatan berlangsung banyak sekali visitor yang mendatangi booth taptap yang berlokasi di lantai GF Gedung Smesco," ujar Miki.

Baca juga : Menkop UKM: Inabuyer B2B2G Expo 2024 Perluas Pasar Produk UMKM

Miki menambahkan bahwa kegiatan ini harus lebih banyak dilakukan agar produk-produk lokal yang mendukung UMKM go digital seperti Taptap bisa lebih dikenal dan digunakan oleh UMKM.

Hadirnya Taptap sebagai ID Card Digital akan memudahkan UMKM dalam berkenalan di era digital.

"Dengan menggunakan Taptap, kita merevolusi cara berkenalan dengan lebih hemat biaya cetak dan go green seperti kartu nama konvensional yang kerap digunakan dalam berkenalan," ujar Miki.

Ia menambahkan, Cukup dengan tap, scan atau ketik username Taptap maka profile digitalnya akan terlihat dan pemilik Taptap bisa dengan mudah mengisi dan mengganti profile digitalnya sesuai keinginan seperti kontak, katalog produk, informasi toko dll tanpa perlu mencetak kembali," Pungkas Miki.

Taptap merupakan produk dari PT Aidi Digital Global (ADG)"yang juga memiliki produk digital lainnya seperti S.id sebagai url shortener & biolink dan juga klip.id sebagai frame digital.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.