Dark/Light Mode

Mangrove, Penyelamatan Lingkungan Strategis Di Pasangkayu

Rabu, 1 Mei 2024 15:41 WIB
Mangrove, Penyelamatan Lingkungan Strategis Di Pasangkayu

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengarungi bahari perairan tropis Sulawesi, merangkum keindahan panorama laut memanjakan mata yang dikenal juga sebagai surga bagi para pecinta seafood.

Terletak di tepian pantai yang memikat, secara geografis pulau ini memiliki potensi besar menjadi alternatif jalur perdagangan berbagai komoditas karena lokasinya yang strategis.

Di balik keelokan pesisirnya, ancaman abrasi dan erosi pantai menjadi tantangan besar sehingga membutuhkan perhatian serius.

Reboisasi mangrove menjadi salah satu upaya pertahanan lingkungan yang strategis dan efektif dalam mengangani abrasi dan erosi pantai ini.

Baca juga : Perlu Peran Insinyur Teknik Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan

Dengan akar yang kokoh, tanaman mangrove mampu menahan arus air laut dan memperkuat garis pantai.

Misi penyelamatan lingkungan ini menjadi salah satu komitmen Astra Agro sebagai perusahaan yang berperan aktif dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

"Mangrove mampu menahan tanah dan sedimen yang secara efektif mengurasi erosi pantai. Mangrove juga menjadi habitat penting bagi keanekaragaman hayati laut. Karena daunnya lebat, fungsinya sama seperti tanaman pada umumnya yaitu membantu penyerapan serta penyimpanan stok karbon," tutur Vice President of Investor Relation and Public Affairs Astra Agro, Fenny Sofyan dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Astra Agro berkomitmen untuk melakukan reboisasi magrove sebanyak 45.000 yang akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga : Hadirkan Produk Ramah Lingkungan, MODENA Luncurkan Lini Bisnis Baru

Sepanjang tahun 2023, Astra Agro telah menanam 5.774 pohon ekosistem mangrove di Sulawesi Barat. 

Selain itu, Astra Agro juga berkomitmen dengan menanam 11.677 pohon pada area sempadan sungai dengan akumulasi sebanyak 14.133 pohon atau setara dengan area seluas ±91,45 hektar.

Fenny Sofyan melanjutkan reboisasi atau penanaman kembali ini disinergikan dengan program pemerintah yang juga melibatkan masyarakat setempat.

Dengan manajemen tata ruang yang baik, hutan mangrove mendukung potensi eco-wisata yang berada di Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Pasangkayu.

Baca juga : BSI Genjot Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan Kurangi Emisi Karbon

Tidak hanya itu, edukasi tentang kelestarian hutan mangrove juga menjadi salah satu program edukasi yang diberikan kepada pelajar.

Keseimbangan ekosistem menjadi komitmen utama Astra Agro dalam menjalankan proses bisnis yang berkelanjutan.

Astra Agro terus mempertegas komitmennya dalam menjaga harmonisasi dengan masyarakat melalui public contribution roadmap dengan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berbasis pada empat pilar utama yaitu Pilar Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, dan Lingkungan.

Hal ini juga sejalan dengan misi Astra Agro yakni menjadi perusahaan yang berkontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.