Dark/Light Mode

Lepas Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama, Wapres Ingatkan Pentingnya Jaga Kesehatan

Kamis, 30 Mei 2024 12:40 WIB
Wapres KH Maruf Amin melepas calon jemaah haji Aceh. (Foto: BPMI/Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin melepas calon jemaah haji Aceh. (Foto: BPMI/Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangkaian kunjungannya ke Provinsi Aceh, Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyempatkan diri untuk bertemu dan melepas Jemaah Haji di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (29/05/2024). Adapun kloter pertama ini terdiri dari 393 jemaah beserta petugas haji. 

Sebelum lepas landas, Wapres didampingi Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin berkesempatan berdialog dengan jemaah di dalam Pesawat Garuda GA777. 

“Alhamdulillah. Senang semuanya? Siap? Sudah baca talbiah?” ucap Wapres memulai dialog.

“Siap, InsyaAllah,” jawab jemaah. 

Baca juga : Lepas Jemaah Haji Di Aceh, Wapres Rata rata Lansia & Masa Tunggu Capai 34 Tahun

Wapres pun menekankan pentingnya menjaga kesehatan selama di Tanah Suci, mengingat kondisi cuaca di Mekah yang sangat panas, mencapai 42-43 derajat Celsius.

“Jangan lupa selalu bawa air, jaga kesehatan dan hati agar tidak terlalu lelah. Cuaca di Mekah sangat panas, 43 derajat. Jangan memaksakan diri,” pesan Wapres. 

Selain itu, ia juga mengingatkan jemaah untuk menjalankan ibadah dengan baik dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. 

“Tidak ada gunanya jarak kita didekatkan pesawat. Kalau hati kita tidak dekat dengan Allah,” ujar Wapres. 

Baca juga : Menu Makanan Jemaah Haji Lansia, Ketua Kloter Diminta Lapor Kebutuhan ke Sektor

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memimpin doa talbiyah yang diikuti oleh jemaah. Ia juga mendoakan agar semua jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat.

“Semoga Bapak-bapak, Ibu-ibu bisa menjalankan ibadah haji dengan baik, dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Kepada awak media, Wapres menyampaikan bahwa para petugas haji telah disiapkan pemerintah untuk melayani jemaah haji Indonesia. 

“Karena itu petugas kita memang sudah disiapkan untuk bisa membimbing dan juga pemandukan juga sudah semuanya settled (siap) di Mekah,” jelas Wapres dalam keterangan pers usai melepas Jemaah Haji Aceh.

Baca juga : Aplikasi Kawal Haji Dirilis Kemenag, Ini Manfaat bagi Jemaah dan Petugas

Lebih jauh Wapres mengungkapkan bahwa tingginya minat masyarkat jemaah haji Indonesia, membuat waktu tunggu keberangkatan menjadi sangat lama. 

“Jemaah Haji Aceh ini rata-rata menunggu keberangkatan haji pilihannya itu 34 tahun. Ada juga yang sampai 50 tahun. Ya, karena itu waktu Menteri Haji (Arab Saudi) datang ke sini jadi saya minta tambah lagi tahun depan itu,” terang Wapres.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.