Dark/Light Mode

Lepas Jemaah Haji Di Aceh, Wapres Rata rata Lansia & Masa Tunggu Capai 34 Tahun

Kamis, 30 Mei 2024 08:09 WIB
Wapres Maruf Amin memberikan wejangan saat melepas kloter pertama jemaah haji Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (29/5).
Wapres Maruf Amin memberikan wejangan saat melepas kloter pertama jemaah haji Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (29/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin melepas keberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (29/5). 

Jemaah haji berjumlah 393 jemaah asal Aceh Besar dan Sabang tiba di bandara sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka mengenakan pakaian ihram. 

Baca juga : Kemenag Imbau Jemaah Haji Lansia Manfaatkan Rukhsah Beribadah

Wapres mendarat di lokasi disambut Irjen Kemenag, Faisal Ali, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, Azhari, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto dan sejumlah pejabat. Wapres didampingi Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah masuk ke dalam pesawat untuk menyapa jemaah. 

Dalam sambutannya, Maruf meminta jemaah menjaga kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji hingga selesai. 

Baca juga : Jemaah Haji Diimbau Hormati Budaya Saudi, Baik Pergaulan Maupun Cara Berpakaian

"Saya datang untuk mengantar keberangkatan kloter pertama jemaah haji Aceh, jemaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatannya sampai 34 tahun," kata Maruf.
 
Wapres mengatakan, sebagian besar jemaah yang berangkat merupakan lansia. Namun Jemaah dalam kondisi sehat dan ceria. 
 
"Sebagian jemaah yang berangkat merupakan lansia bahkan tadi saya lihat ada yang 82 tahun," jelas Maruf.
 
Ia meminta jemaah menjaga kesehatan dan membawa air minum mengingat panasnya cuaca di Arab Saudi. Pemerintah juga telah menyiapkan petugas untuk dapat membimbing jemaah selama menjalankan ibadah haji.
 
"Saya juga minta jemaah untuk mewaspadai cuaca panas di tanah suci yang sampai 43 derajat. Mereka kita minta selalu membawa air, dan tidak terlalu memaksa diri dalam beribadah supaya pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal," jelas Maruf.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.