Dark/Light Mode

Pasca Ledakan Bom di Mapolrestabes Medan

AP II Perketat Keamanan di 19 Bandara

Rabu, 13 November 2019 16:10 WIB
PT Angkasa Pura II (Persero) sedang melakukan pengamanan di beberapa bandara setelah terjadinya bom bunuh diri di Mapolretabes Medan, Rabu (13/11). (Foto: Humas AP II). 
PT Angkasa Pura II (Persero) sedang melakukan pengamanan di beberapa bandara setelah terjadinya bom bunuh diri di Mapolretabes Medan, Rabu (13/11). (Foto: Humas AP II). 

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pengamanan di 19 bandara. Presiden Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh Executive General Manager di masing-masing bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan. 

“Kami upayakan bandara-bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura II aman dari aksi teror dan dapat beroperasi dengan normal melayani penumpang pesawat dan juga penerbangan dari seluruh maskapai.”

Baca juga : Polrestabes Medan Dijaga Ketat, Puslabfor Masih Observasi

“Angkasa Pura II bersama-sama dengan seluruh unsur keamanaan seperti TNI/Polri meningkatkan kewaspadaan, dengan juga meningkatkan koordinasi dengan unsur intelijen,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Implementasi dari diperketatnya keamanaan di 19 bandara di bawah Angkasa Pura II atau dikenal dengan sebutan AP II adalah dengan melakukan random check terhadap penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara beserta barang bawaan. Random check dilakukan di Security Check Point (SCP), yakni area pemeriksaan dengan metal detector, walking metal detector dan x-ray.

Baca juga : Erick dan CT Sepakat Perkuat Kerja Sama BUMN-Swasta

Di bandara sendiri terdapat dua SCP, yaitu SCP 1 di mana pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki area check-in, dan SCP 2 di mana pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki boarding lounge

Pengamanan di beberapa bandara setelah terjadinya bom bunuh diri di Mapolretabes Medan yang dilakukan PT Angkasa Pura II, Rabu (13/11). (Foto: Humas AP II)

Selain itu, random check juga dilakukan terhadap kendaraan dan orang yang ingin memasuki area bandara dan gedung terminal. Adapun  keamanan juga diperketat di Access Control Point (ACP) yakni titik di mana kendaraan atau pekerja memasuki sisi udara (airside) dari bandara.

Baca juga : KPK Panggil Mantan Direktur Garuda

Di samping itu Unit K9 saat ini juga sudah dikerahkan untuk memeriksa barang bawaan serta tas/koper yang berada di baggage handling area. “Saat ini Komite Keamanan Bandara atau Airport Security Committee terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi penuh guna menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban di bandara-bandara Angkasa Pura II,” jelas Muhammad Awaluddin.

Bandara sendiri merupakan salah satu objek vital nasional yang memiliki prioritas dalam hal pengamanan. Angkasa Pura II juga memastikan sampai saat ini penerbangan di 19 bandara masih berjalan normal dan lancar. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.