Dark/Light Mode

Sosialisasi Program AMANAH Di CFD Banda Aceh Disambut Antusias Anak Muda

Senin, 10 Juni 2024 22:46 WIB
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) melakukan olahraga serta mensosialisasikan program AMANAH pada saat Car Free Day (CFD) di Jl. Tgk. Moh. Daud Beureueh, Banda Aceh, Minggu (9/6/2024). (Foto: Ist)
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) melakukan olahraga serta mensosialisasikan program AMANAH pada saat Car Free Day (CFD) di Jl. Tgk. Moh. Daud Beureueh, Banda Aceh, Minggu (9/6/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) melakukan olahraga serta mensosialisasikan program AMANAH pada saat Car Free Day (CFD) di Jl. Tgk. Moh. Daud Beureueh, Banda Aceh, Minggu (9/6/2024). 

Dalam kegiatan tersebut, para volunteer terlihat sangat aktif dan bersemangat saat menjelaskan sejumlah sektor unggulan yang dimiliki oleh AMANAH serta manfaatnya bagi masyaraka dan anak muda Aceh. 

Antusiasme dari para anak muda Aceh terlihat jelas saat mereka mendengarkan penjelasan tentang program AMANAH. 

Baca juga : Joice Triatman Klaim Jadi Stafsus Di Kementan Karena Diminta Anak SYL

Salah satu volunteer AMANAH, Atha Fayyadh (22), menjelaskan bahwa program ini merupakan program unggulan Presiden Joko Widodo dalam bidang pemberdayaan di Aceh. Tujuannya adalah untuk mencakup sebanyak mungkin anak muda Aceh dari berbagai bidang ekonomi kreatif.

“Salah satu program yang memang bergerak di bidang pemberdayaan, dengan fokus di beberapa sektor. Salah satunya seperti pertanian, perikanan, dan masih banyak lagi," jelas Atha dalam keterangannya, Senin (10/6/2024). 

Sejumlah anak muda Aceh di CFD, seperti Dea Afra Nabila (22), Maisya Maulida (22), Dessi Noviyanti (22), dan Muniratul Ulfah (21), mengaku sudah mengetahui AMANAH sebelum sosialisasi hari ini.

Baca juga : Bandara Soetta Gaet ACI Tingkatkan Standar Keselamatan

Anak muda lainnya, Syarifah Fatimah Azzahra (19) dan T. Muhammad Fauzil (21), menyampaikan bahwa dengan adanya program AMANAH ini, kreatifitas anak muda Aceh dapat meningkat ke depannya.

“Menurut aku pribadi dengan adanya program AMANAH ini, bisa membangkitkan kreativitas-kreativitas anak bangsa khususnya Aceh. AMANAH juga baru diadakan di dua provinsi yaitu Papua dan Aceh, jadi mungkin untuk anak-anak yang introvert bisa masuk ke AMANAH agar bakat-bakat mereka dapat berkembang,” ungkap Syarifah.

Sementara itu, T. Muhammad Fauzil menyampaikan harapannya agar ke depannya AMANAH dapat mengembangkan lagi pelatihan-pelatihan dari sektor-sektor yang sudah ada.

Baca juga : Anggota DPRD DKI Disambut Pakaian Dinas Rp 3 Miliar

Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) untuk memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh. Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun di atas tanah seluas 5 hektare dengan bangunan seluas 1,9 hektare.

AMANAH tak hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Diharapkan dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi hingga pengembangan UMKM.

Adapun 9 fungsi AMANAH antara lain, yaitu pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.