Dark/Light Mode

Ini Alasan Jokowi Gelar Upacara 17 Agustus Di IKN Dan Jakarta

Selasa, 11 Juni 2024 13:37 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Foto: YT/Setpres)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Foto: YT/Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menjelaskan alasan di balik keputusan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di dua lokasi, yakni Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurut Presiden, langkah ini merupakan bagian dari masa transisi dari Jakarta menuju IKN Nusantara.

"Ini kan masa transisi dari Jakarta menuju IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju kelihatan. Di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan," kata Jokowi di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : Jokowi-Prabowo Di IKN, Ma’ruf-Gibran Di Jakarta

Presiden berharap diadakannya upacara di Jakarta dan IKN Nusantara dapat menunjukkan progres perpindahan ibu kota serta memberikan gambaran perjalanan transisi yang sedang berlangsung.

 "Tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan, baru di IKN saja," ujarnya. 

Baca juga : Presiden Undang Mega-SBY Upacara 17 Agustusan

Jokowi menekankan pentingnya memastikan kelancaran berbagai aspek terkait perpindahan ibu kota, mulai dari mobilisasi, transportasi hingga akomodasi.

Terakhir, Jokowi memastikan semua pihak termasuk para mantan presiden akan diundang untuk berpartisipasi dalam upacara peringatan HUT RI di IKN. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.