Dark/Light Mode

Jokowi Yakini Persiapan Upacara HUT RI Ke-79 Di IKN Hampir Final

Rabu, 5 Juni 2024 12:40 WIB
Penampakan progres pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (5/6)
Penampakan progres pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (5/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi optimis pembangunan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara selesai pada pertengahan Juli 2024.  Tak hanya itu, lokasi untuk upacara HUT RI ke-79 juga sudah hampir final dan tidak ada masalah di lapangan.

Hal dikatakan Presiden Jokowi saat melakukan peninjauan pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (5/6).

“Pembangunan kira-kira pertengahan Juli sudah siap dan akan mulai untuk persiapan upacara 17 Agustus,” kata Jokowi.

Baca juga : Rahasia Di Balik Hajar Aswad

Dalam tinjauannya, Presiden juga melakukan pengecekan kesiapan lokasi untuk upacara HUT Republik Indonesia ke-79. 

“Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara semuanya sudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN Nusantara per Juli 2024. Saat ini, menunggu ketersediaan air di IKN.

Baca juga : Jokowi Minta Pertamina Dan PLN Geber Energi Hijau, Ini Alasannya

“Kemarin kita sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN,” paparnya.

Di tempat sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi siap memasok kebutuhan air baku untuk IKN Nusantara. 

“Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik,” sebut Basuki.

Baca juga : Jokowi Pamer Mangrove Ke Delegasi World Water Forum Bali

Pembangunan gedung kantor presiden telah dilakukan Kementerian PUPR sejak November 2022, saat ini progresnya mencapai 71,8%.  Pelaksana konstruksi oleh PT PP - Wika KSO dengan total alokasi anggaran sebesar Rp1,56 Triliun dan bersumber dari APBN.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.