Dark/Light Mode

Hasil Survei Sangat Baik

Golkar Jabar Pede Menang Di 17 Kabupaten Dan Kota

Senin, 27 Mei 2024 07:30 WIB
Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. MQ Iswara,
Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. MQ Iswara,

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) optimistis bisa memenangkan Pilkada 2024 di 17 kabupaten dan kota Jawa Barat. Targetnya, bisa meraih 60 persen suara

KETUA DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten MQ Iswara mengatakan, target meraih 60 persen suara itu berdasarkan ha­sil survei yang sangat baik, yaitu untuk semua bakal calon kepala daerah yang ditugaskan oleh DPP Partai Golkar di Jabar.

“Ini memberikan modal yang sangat kuat bagi kami setelah menang di Pilkada 2020. Kami menang Pileg,” kata Iswara di Bandung, Minggu (26/5/2024).

Sebelumnya, Golkar Jabar memenangkan Pilkada 2020 untuk pemilihan anggota DPR maupun DPRD Kabupaten/Kota di Jabar dan kenaikan raihan kursi.

Untuk Pileg DPR dari 14 kursi menjadi 17 kursi, provinsi dari 16 kursi menjadi 19 kursi, dan DPRD Kabupaten/Kota di Jawa Barat dari 194 kursi menjadi 207 kursi.

Begitu pun dengan hasil survei Pilkada 2024. Untuk pemilihan gubernur maupun Kabupaten/Kota Jawa Barat dinilai sangat baik.

Baca juga : Luhut Ikut Dorong UMKM Masuk Ekosistem Digital

“Alhamdulillah semua kader kita yang ditugaskan mendapat­kan surat tugas hasil survei per­tamanya sangat baik,” katanya.

Bahkan, berdasarkan hasil survei, Wakil Ketua DPD Golkar Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil) menduduki puncak teratas.Baik, secara popularitas, akseptabili­tas, maupun elektabilitas.

“Saya buka saja ya, untuk popularitas angkanya sudah di 97,5 persen, akseptabilitas 93,6 persen dan top of mind juga tertinggi,” ujarnya.

Dia mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Kang Emil sangat tinggi, sebesar 91,8 persen. “Ini yang paling penting,” sambungnya.

Iswara mengaku optimistis Ridwan Kamil akan memenangkan Pilgub Jabar 2024 jika kem­bali ditugaskan Ketua Umum Golkar pada Pilkada 2024. Pasalnya, dari semua survei termasuk simulasi dengan semua kompeti­tor, mantan Gubernur Jabar pe­riode 2018-2023 itu menduduki posisi paling tinggi.

“Kami sangat yakin Kang Emil kembali menang di Jabar. Kalau di Jabar kan tadi Alhamdulillah sudah aman, kita tinggal men­cari pasangan untuk wakilnya,” ungkapnya.

Baca juga : Golkar Jamin KIM Adem,Tak Ada Rebutan Jabatan

Golkar Jabar juga tidak me­nampik Kang Emil ditugaskan pada Pilgub DKI. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan beberapa nama calon lainnya.

“Nama-namanya masih be­lum bisa kita buka karena harus ada persetujuan Ketua Umum Golkar dulu, karena Kang Emil belum pasti, apa ke DKI atau Jawa Barat,” tegasnya.

Iswara mengatakan, pada Pilkada 2024 sesuai dengan arahan Ketua Umum, Golkar Jabar akan tetap berkoalisi dengan beberapa partai politik yang sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni dari Partai Gerindra, Demokrat, dan PAN, kecuali jika pada kondisi daerah tersebut tidak memungkinkan.

Khusus untuk Pilgub Jabar 2024, pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan be­berapa partai politik lain. Seperti PAN, PSI dan PDIP Jabar.

“Demokrat sudah datang ke Golkar Jabar. Mereka menyatakan siap berkoalisi. PAN pun sama, ju­ga PSI. Bahkan Ketua PDIP Jabar Pak Ono sudah datang ke sini dan siap berkoalisi,” katanya.

Sementara, untuk Pilkada Kota Bandung 2024, berdasarkanhasil survei dari 10 nama, 4 di antaran­ya kader Golkar menempati posisi tertinggi. Beberapa nama calon dari Partai Golkar, yakni Atalia Praratya Ridwan Kamil, Dandan, Arfi dan Edwin Senjaya.

Baca juga : Pilkada Sumut Bakal Semarak

Insya Allah untuk Kota Bandung kami optimistis ya untuk Pilwakot 2024,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan data hasil dari survei tersebut, maka para calon harus bekerja denganlebih keras lagi. Termasuk ada syarat beberapa masukan dari partai Golkar yang harus diikuti.

“Dua bulan kemudian kita survei lagi. Nah, dua bulan kemudian baru kita putuskan,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.