Dark/Light Mode

Kualitas Hidup Rakyat Diprioritaskan

Prabowo: Tahun 2045 Indonesia Harus Jadi Negara Maju

Senin, 17 Juni 2024 06:57 WIB
Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto (Foto: Instagram)
Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto mengaku tersanjung dan terhormat atas keputusan rakyat Indonesia, yang mencoblos kertas bergambar dirinya dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

“Itulah salah satu momen terbesar dalam hidup saya,” kata Prabowo dalam tulisan opini, yang dipublikasikan Newsweek pada 12 Juni 2024.

Prabowo menyebut, faktor penentu kemenangannya adalah visi nyata untuk masa depan Indonesia, yang mewakili rakyat dan arah perjalanan mereka, serta menawarkan solusi yang dapat dicapai terhadap permasalahan paling mendesak.

Dia bilang, visi yang disampaikannya selaras dengan masyarakat Indonesia, senapas dengan semua orang yang sepenuhnya percaya pada Indonesia dan masa depannya.

“Ada rasa bangga dan semangat. Tapi, kami hanya punya sedikit waktu Untuk merayakan kemenangan itu,” ujar Prabowo.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, merasakan beratnya harapan dan ekspektasi puluhan juta orang, yang tak hanya datang dari pemilih Prabowo-Gibran. Tetapi juga fans Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Karena itu, kita harus bisa mengatur dan memberikan manfaat bagi semua orang,” ujar Prabowo.

"Meski berasal dari afiliasi politik yang berbeda dan tidak sama dalam masalah kebijakan, saya yakin seluruh masyarakat Indonesia sepakat, bahwa kita perlu mengubah Indonesia menjadi kekuatan ekonomi maju, dan menjadi aktor internasional yang disegani. Ini sudah seharusnya dilakukan,” imbuhnya.

Dalam penilaian Prabowo, Presiden Jokowi telah melakukan sejumlah reformasi, yang menempatkan Indonesia pada jalur transformasi dramatis.

Prabowo ingin melanjutkan misi tersebut, dengan menguatkan fondasi yang telah dibangun, dan memperdalam transformasi dengan memetakan arah yang dinamis.

Baca juga : Papera Se-Jateng Minta Prabowo Usung Sudaryono Di Pilgub Jateng

“Prioritas utama kepresidenan saya adalah peningkatan kualitas hidup rakyat Indonesia,” tegas Prabowo.

Baginya, sumber daya nomor satu adalah manusia. Bukan bahan tambang dan mineral lainnya.

“Inilah sebabnya, mengapa semua yang saya lakukan harus berkontribusi untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat, lapangan kerja yang lebih tinggi, pendidikan yang lebih tinggi, serta peluang baru untuk berhasil dan berkembang,” beber Prabowo.

Terkait hal tersebut, Prabowo mempunyai beberapa kebijakan yang ambisius, terutama yang terkait dengan anak-anak. Misalnya, memberikan makanan gratis kepada siswa di seluruh sekolah negeri.

“Saya optimis, kebijakan tersebut akan meningkatkan kehadiran dan kinerja sekolah, serta menunjukkan dukungan dan solidaritas kita kepada anak-anak yang paling membutuhkan,” ujarnya.

Ketahanan Pangan

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) ini berkomitmen menjamin ketahanan pangan Indonesia, di samping membangun sektor pertanian yang modern dan berkelanjutan. Meski dia memahami kesulitan dan tantangan yang dihadapi Indonesia di bidang pertanian.

“Sulit diterima pikiran, jika negara seperti Indonesia, yang ingin naik kelas menjadi  negara terdepan di G7, tidak mampu memberikan ketahanan pangan yang utuh bagi rakyatnya,” papar Prabowo.

“Tak bisa dibenarkan, jika kita tidak dapat mereformasi sektor pertanian dan produksi pangan. Saya akan bekerja keras sejak hari pertama masa jabatan, agar kita dapat mencapai tujuan ini,” imbuhnya.

Hilirisasi Berlanjut

Prabowo berjanji mengoptimalkan kekayaan mineral, sebagai salah satu aset terbesar Indonesia, untuk memastikan terwujudnya pembangunan ekonomi jangka panjang dan modernisasi.

Kebijakan hilirisasi industri akan terus berlanjut dan akan diperluas, demi memastikan lebih banyak pendapatan, lebih banyak investasi, dan lebih banyak lapangan kerja.

Baca juga : Ini Rangkaian Wukuf Jemaah Haji Indonesia di Arafah

Penguatan kapabilitas industri Indonesia, khususnya industri yang bergantung pada sumber daya mineral Indonesia, akan terus berlanjut dan semakin intensif. Sektor sumber daya mineral pun akan semakin berkembang.

“Saya berkomitmen memajukan Indonesia, mencapai tujuan menjadi negara maju sepenuhnya pada tahun 2045,” tandas Prabowo.

Di mata Prabowo, diversifikasi adalah hal yang sangat penting. Sejauh ini, diversifikasi diterapkan di sektor perekonomian dengan mendukung sektor-sektor yang paling menjanjikan. Yakni industri inovasi dan teknologi tinggi.

Dalam konteks ini, Indonesia sudah mempunyai potensi besar, juga sumber daya manusia yang berbakat dan berketerampilan tinggi.

Pariwisata

Indonesia kini telah menjadi tujuan wisata utama, dengan tradisi perhotelan dan pariwisata yang panjang.

Pariwisata akan lebih menjanjikan, jika faktor geografi dan keindahan alam Indonesia yang menakjubkan, dengan pulau-pulaunya yang megah dan keanekaragaman ekosistem, budaya, kelompok etnis yang menakjubkan juga diperhitungkan. Plus faktor kehangatan dan keramahtamahan masyarakat.

"Kita mempunyai peran penting dalam membangun perekonomian yang modern dan maju, dengan menerapkan kebijakan yang tepat dan menciptakan iklim usaha yang baik," ujar Prabowo.

"Namun pada akhirnya, keberhasilan pembangunan ekonomi kita bergantung pada kelompok wirausahawan dan bisnis, bagaimana kita mendukung kesuksesan bisnis yang sudah mapan, dan menciptakan kondisi yang tepat bagi pertumbuhan start-up baru dan menjanjikan,” jelas Prabowo.

Politisi berusia 72 tahun ini mengaku telah menyusun sejumlah inisiatif yang akan memperbaiki iklim usaha Indonesia. Termasuk langkah-langkah seperti digitalisasi layanan publik, yang akan berdampak besar pada kemudahan berusaha dan pemberantasan korupsi, yang merupakan kutukan bagi pembangunan ekonomi.

"Saya mempunyai rencana besar untuk negara yang saya cintai, namun saya tidak melihat pembangunan Indonesia sebagai wahana kompetisi zero-sum-game dengan negara-negara lain di dunia. Kami terbuka. Kami menyambut baik kemitraan dan kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain, dan sesama kekuatan ekonomi," beber Prabowo.

Baca juga : Prabowo: Afrika Anggap Indonesia Sebagai Negara Berhasil

"Yang paling penting, Negara mitra harus bisa memahami kedaulatan dan kepentingan nasional Indonesia, sebagai hal yang selalu diutamakan," lanjutnya.

Prabowo memastikan, Indonesia tidak beraliansi dengan satu kekuatan mana pun.

Sesuai visi posisi geopolitik, Indonesia akan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan China sebagai kekuatan penting di kawasan, mitra ekonomi penting, dan bangsa yang memiliki riwayat sejarah panjang dengan Indonesia.

Namun pada saat yang sama, Indonesia juga akan berupaya memperluas dan memperdalam kemitraan erat dengan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat.

"Kami tidak hanya didukung oleh kepentingan dan kerja sama yang sama di sejumlah bidang, tetapi juga oleh nilai-nilai bersama, seiring upaya menjadi negara demokrasi terbesar," urai Prabowo.

Tak ketinggalan, Prabowo juga menyampaikan fokus khususnya kepada Afrika.

"Afrika adalah benua yang dekat dengan hati saya. Saat ini, sama seperti Indonesia, Afrika merupakan sebuah negeri yang penuh peluang. Kita dapat saling mendukung, berbagi pengalaman. Kita bisa membangun sinergi dan kemitraan, dan bekerja sama untuk mentransformasi negara kita," tutur Prabowo.

Dia memastikan, Indonesia kini berada di titik puncak pembukaan babak baru masa depan.

"Saya merasa beruntung, melalui pekerjaan saya, saya dapat berkontribusi pada Indonesia dengan mewujudkan potensi sebenarnya sebagai negara dan masyarakat. Saya berharap bisa membuka jalan bagi Indonesia yang sejahtera dan harmonis untuk generasi mendatang, melalui kerja sama dengan seluruh sahabat dan mitra," pungkas Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.