Dark/Light Mode

Peduli Penyintas Bencana

Indonesia Care Gelar Makan Bersama Daging Kurban Di Sumbar

Kamis, 20 Juni 2024 13:25 WIB
Lembaga kemanusiaan Indonesia CARE menggelar kegiatan makan daging kurban bersama para penyintas banjir bandang di Jorong Panti, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (19/6/2024). Foto: Istimewa
Lembaga kemanusiaan Indonesia CARE menggelar kegiatan makan daging kurban bersama para penyintas banjir bandang di Jorong Panti, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (19/6/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga kemanusiaan Indonesia CARE menggelar kegiatan makan daging kurban bersama para penyintas banjir bandang di Jorong Panti, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (19/06/2024). Daerah ini terdampak banjir pada 11 Mei 2024.

Kepala Cabang Indonesia Care Sumatera Barat Ronal Adithia Pratama mengungkapkan acara ini merupakan langkah nyata pihaknya melalui momentum peringatan Hari Raya Idul Adha. Menurutnya, kondisi penyintas di Sumbar, sangat menyedihkan.

"Tak ada lagi aktivitas kerelawanan baik dari masyarakat maupun Pemerintah. Mereka merasa bersyukur Indonesia Care masih hadir disini," ujar Ronal.

Ronal mengungkapkan, acara makan bersama ini merupakan bagian upaya memperbanyak masyarakat menikmati daging kurban. Caranya, dengan mengolah daging bersama lauk pauk lainnya untuk disajikan bersama.

Baca juga : Gokil! Peringkat Daya Saing Indonesia Melejit, Lampaui Jepang Dan Inggris

"Sebagian lagi daging olahannya dibagikan ke penyintas yang ada Huntara. Alhamdulillah lebih banyak warga yang bisa ikut menikmatinya," katanya.

Kepala Dusun atau Jorong Panti, Peni Malin Pangulu mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas pihak yang sudah berkurban di tempat terdampak musibah banjir bandang.

"Insya Allah jadi kebaikan kita bersama dan membawa keberkahan," ujar Peni.

Salahsatu penyintas, Rismawati (55) menyampaikan ucapan terima kasih kepada para relawan. Diungkapkannya, saat ini dia tidak memiliki tempat tinggal karena rumahnya hanyut tersapu banjir bandang. "Alhamdulillah masih ada yang perhatian," ujarnya.

Baca juga : 4th BMD Korea-Indonesia, Pertamina Gas Jajaki Kerja Sama LNG Hub Terminal Arun

Direktur Eksekutif Indonesia Care, Lukman Azis mengungkapkan dukungan yang diberikan untuk para penyintas dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia kepada mereka yang tertimpa bencana.

"Sesuai amanah dari pekurban yang menitipkan kurbannya melalui Indonesia Care, kita langsung salurkan kepada penerima manfaat sesuai amanahnya," ujar Lukman.

Direktur Jaringan Relawan Indonesia Care, Mohammad Syahri, merincikan, selain di Sumbar, pihaknya juga menggelar penyembelihan hewan kurban di kawasan padat penduduk di Petamburan Jakarta Pusat dan wilayah Tangerang.

"Ini juga amanah dari para donatur untuk disalurkan ke wilayah tersebut," ujar Syahri.

Baca juga : Idul Adha, KLHK Bagikan 1000 Paket Daging Kurban Dan Sembako Kepada Masyarakat

Sebelumnya Indonesia CARE telah menggelar kegiatan pelayanan pengobatan gratis dan psikososial di Sumatera Barat sejak 5 hingga 12 Juni lalu dengan menggandeng sejumlah lembaga seperti PWI Karawang, Al Azhar Care Indonesia dan Imani Care.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.