Dark/Light Mode

Borong Hasil Tani, TNI Tegaskan Komitmen Sejahterakan Papua

Selasa, 25 Juni 2024 23:06 WIB
TNI memborong hasil tani milik masyarakat perbatasan (Pamtas) RI-PNG Dekai Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Pegunungan, Senin (24/6/2024). Foto: Istimewa
TNI memborong hasil tani milik masyarakat perbatasan (Pamtas) RI-PNG Dekai Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Pegunungan, Senin (24/6/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya mensejahterakan masyarakat Papua. Hal itu dilakukan oleh Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir di Kabupaten Yuhakimo, Papua Pegunungan.

Mereka memborong hasil tani milik masyarakat perbatasan (Pamtas) RI-PNG Dekai Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Pegunungan, Senin (24/6/2024). Tujuannya adalah agar para petani semangat dalam mengolah lahan pertanian.

Berdasarkan keterangan tertulis, Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto menyampaikan,pihaknya mendukung untuk melakukan borong hasil tani di wilayah Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

"Di saat pelaksanaan pengamanan wilayah tersebut para prajurit Satgas Yonif 6 Marinir berkesempatan melintasi area Pasar Distrik Dekai dan melakukan borong hasil tani atau Rosita milik warga Dekai yang sedang menjual hasil taninya," ujar Lucky, Selasa (25/6/2024).

Baca juga : Hari Raya Keagamaan Momentum Penguatan Nilai Toleransi

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan membantu para petani diharapkan dapat meringankan kesulitan masyarakat di daerah tugas.

"Sebagai seorang prajurit TNI selain melaksanakan tugas pengamanan, kami juga berkewajiban memberikan dukungan perekonomian dan juga merupakan bentuk peran TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua," terang Lucky.

Lucky menegaskan bahwa TNI berasal dari rakyat. Kesulitan yang dihadapi masyarakat harus segera diatasi dengan berbagai upaya kesejahteraan.

"Bermodalkan uang saku para prajurit TNI maka hasil tani yang diperdagangkan pagi hari itu dibeli dan dibawa oleh para prajurit kembali ke pos," sambung Lucky.

Baca juga : Asyik, ASN Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Dapat Rusun

Upaya yang dilakukan TNI mendapat sambutan baik masyarakat khususnya dari para pedagang.

"Kami berharap masyarakat untuk terus semangat bercocok tanam agar hasilnya nanti dapat dijual dan bermanfaat bagi orang lain," tutup Lucky.

Upaya serupa juga dilakukan oleh Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 503/Mayangkara borong habis hasil bumi yang dimiliki masyarakat Desa Mumugu Kecamatan Batas Batu Kabupaten Nduga Papua. Sabtu (22/6/2024).

Mama-mama Papua tampak sangat berbahagia dengan adanya pasar kecil tersebut. Semua hasil bumi yang di gelar habis diborong oleh Kesatria Mayangkara.

Baca juga : Siap Lawan Hoaks dan Ciptakan Pilkada Damai, Ini Gerakan dari Para Pemuda

"Terima kasih bapak TNI telah memborong habis jualan kami," ucap mama Papua.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.