Dark/Light Mode

Jelang Pilkada Serentak 2020, Polri Siap Petakan 270 Wilayah Rawan Konflik

Sabtu, 16 November 2019 20:19 WIB
Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono (tengah). (Foto: Tribratanews.polri.go.id)
Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono (tengah). (Foto: Tribratanews.polri.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Pilkada Serentak 2020, Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono, mengatakan kepolisian harus memetakan 270 wilayah yang dinilai rawan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Ada 270 Pilkada dan kami sedang memetakan secara khusus menghadapi Pilkada 2020 terkait daerah mana saja yang berpotensi terjadinya konflik terutama terkait isu primordial, suku, agama, ras dan antar golongan,” kata Jenderal Bintang Dua tersebut saat ditemui di Hotel Grand Syahid, Jakarta Pusat, Jumat (15/11).

Baca juga : Inilah Penilaian Indra Sjafri Soal Permainan Timnas U-22 Vs Iran

Pemetaan bertujuan untuk menentukan jenis penanganan yang akan diambil mengingat setiap wilayah memiliki potensi ancaman yang berbeda.

Kepala Satgas Nusantara Polri, Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono memperkirakan pada Januari 2020 Satgas Nusantara sudah bisa memetakan daerah mana saja yang dinilai rawan konflik.

Baca juga : Sukeskan Piala Dunia U-20, PSSI dan Pemerintah Bentuk Dua Tim

“Apakah itu rawan di dalam hal agama, suku atau politik identitas lainnya dan ini yang akan kita tangani nanti,” tutur Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono, selain itu, tokoh masyarakat akan dilibatkan untuk menghindarkan masyarakat dari konflik dan suhu politik tidak memanas.

“Kita akan membawa tokoh agama dan akademisi untuk memberikan pencerahan guna meminimalisir potensi yang dapat menimbulkan kerawanan itu,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Implementasi B30 di 2020, Pengetahuan Biodiesel Kian Diterima Mahasiswa

“Masyarakat juga bisa meregangkan diri dari pikiran-pikiran politik sehingga suhu politik tidak semakin memanas,” tutup Mantan Wakapolda Sulsel.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.