Dark/Light Mode

Top! Erick Pastikan Listrik HUT RI Di IKN Antikedip Dan Full Energi Hijau

Minggu, 30 Juni 2024 21:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengecek kesiapan PLN memasok listrik jelang HUT RI Ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (30/6). Foto: IST
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengecek kesiapan PLN memasok listrik jelang HUT RI Ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (30/6). Foto: IST

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir turun langsung ke Kalimantan Timur, memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mulai beroperasi memasok listrik hingga 10 Megawatt (MW). Energi hijau ini dijamin lebih dari cukup untuk menerangi peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"PLTS sudah jadi, produksi 10 Megawatt, sementara IKN baru butuh 1 Megawatt," kata Erick, melalui siaran pers, Minggu (30/6).

Erick tak main-main, ia meminta PLN mengawal ketat pasokan listrik di tiap titik acara Hari Kemerdekaan nanti. Baik melalui PLTS ataupun gardu induk untuk mampu memasok listrik.

Baca juga : Gelar Perayaan HUT Ke-46 di IKN, AMPI Undang Ketum Golkar Airlangga Hartarto

"Tak hanya untuk kebutuhan daya total di venue upacara HUT Kemerdekaan. Tapi, juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman," tegasnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, tak kalah sigap. Ia menjamin listrik bersih dan andal tersedia untuk perayaan kemerdekaan di IKN.

Dari hasil pemetaannya, kebutuhan listrik di IKN, khususnya untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 mencapai 1,5 Megawatt (MW). 

Baca juga : Jokowi Yakini Persiapan Upacara HUT RI Ke-79 Di IKN Hampir Final

Sementara, PLTS IKN yang telah beroperasi sejak Februari 2024 mampu memasok listrik hingga 10 MW. Menurutnya, kapasitas tersebut akan terus ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

"Peringatan HUT RI ini kami pastikan akan dipasok full menggunakan listrik hijau dari PLTS IKN," janji Darmawan.

Bukan cuma itu, PLN siapkan skema pengamanan berlapis, mulai dari Uninterruptible Power Supply (UPS) anti kedip, jaringan ganda dari dua gardu induk berbeda, hingga genset cadangan. 

Baca juga : PLN Pastikan Listrik Bali Tanpa Kedip Selama World Water Forum

"Kami telah siapkan skema pengamanan berlapis, sehingga listrik pada peringatan HUT RI akan berlangsung andal," ucapnya.

Bahkan, kendaraan listrik pun tak luput dari perhatian. PLN siapkan 16 SPKLU untuk pejabat dan tamu undangan, bahkan berkolaborasi dengan Bluebird sediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum  (SPKLU) khusus untuk shuttle bus peserta upacara. 

"Kami siap all out menyukseskan peringatan HUT RI ke-79 di IKN dengan menghadirkan layanan energi bersih secara end to end," tutup Darmawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.