Dark/Light Mode

Bicara Di Acara Diskusi DPP HWK

Ketum Kowani Ingatkan Peran Perempuan Sebagai Agen Perubahan

Kamis, 4 Juli 2024 19:21 WIB
Foto: Kowani.
Foto: Kowani.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kowani, Dr. Ir. Giwo Rubianto mengingatkan peran perempuan sebagai agen Perubahan dalam meneguhkan persatuan nasional.

Hal ini disampaikan Giwo saat menjadi narasumber dalam acara Capacity Building yang diselenggarakan oleh Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Pendidikan dan Kaderisasi, dan politik, Kajian Strategis DPP Himpunan Wanita Karya (HWK), di Kantor Sekretariat HWK, Rabu (3/7/2024).

Ketua Umum dari payung organisasi yang mewadahi 104 anggota organisasi perempuan menyampaikan, tema “Perempuan Sebagai Agen Perubahan dalam Meneguhkan Persatuan Nasional” merupakan tema yang tepat dan strategis dalam meningkatkan harmonisasi di masyarakat melalui wadah organisasi perempuan.

Baca juga : Terima Pengurus KAHMI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Pemerataan Pembangunan

Giwo menyampaikan dengan tegas bahwa perjuangan dan kontribusi perempuan Indonesia sudah diawali sejak sebelum kemerdekaan.

“Hal ini termuat dalam Keputusan Presiden no. 19 Tahun 2023 mengenai Hari Kebaya Nasional yang menerangkan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno menyampaikan bahwa Revolusi Indonesia tidak dapat berjalan tanpa adanya keterlibatan perempuan,” tutur Giwo.

Dia menegaskan, dengan latar belakang yang berbeda-beda, perempuan harus bersatu dan saling mendukung satu sama lain, jangan mudah dipecah belah, baik oleh individu, kelompok, maupun kaum pria.

Baca juga : Kemendikbudristek Ingatkan Peran Kebudayaan Dalam Pembangunan Nasional

“Perempuan harus bisa menjadi agen perdamaian, kesatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan,” imbaunya.

Peran perempuan sebagai agen perubahan, lanjutnya, mencakup di segala bidang dan aspek kehidupan.

Di antaranya, perubahan edukasi dan teknologi, persatuan dan kesatuan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, digitalisasi dan kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga : Revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng Bogor, BCA Targetkan Kenaikan Produksi 120 Persen

“Sebagai pendidik utama dan pertama dalam lini terkecil, yakni keluarga, perempuan memegang peran sentral dalam menciptakan, membangun dan meningkatkan harmonisasi dan kerukunan,” tandas Giwo.

Selain Giwo, acara tersebut juga diisi oleh Peneliti Utama BRIN, Prof. Dr. Siti Zuhro. Para kader HKW mengikuti acara ini secara online dan online.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.