Dark/Light Mode

Kasusnya di Polri Jalan di Tempat, Firli Asyik Badminton

Rabu, 10 Juli 2024 08:29 WIB
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) asyik bermain badminton dengan The Minions. (Foto: Tangkapan layar)
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) asyik bermain badminton dengan The Minions. (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Firli Bahuri kembali jadi buah bibir. Di saat kasusnya di Polri jalan di tempat, mantan Ketua KPK ini terlihat asyik bermain badminton dengan The Minions. Video Firli ini, viral di media sosial.

Firli merupakan tersangka dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kasusnya, ditangani penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Lebih dari setengah tahun, belum ada kepastian kasus Firli tersebut akan dibawa ke meja hijau.

Firli pun seakan tak memikirkan kasusnya. Dalam sebuah video berdurasi 59 detik yang diunggah akun X @caramelscroffle, Sabtu (6/7/2024), Firli sedang asyik bermain bulu tangkis bersama Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Video tersebut diberi keterangan “Finally our Minions”. Mereka disebut bermain di GOR Djarum, Jalan Slipi I, Nomor 57, Jakarta Barat.

Firli terlihat semangat saat bermain. Bersama partnernya, dia meladeni smash yang dilancarkan The Minions. Di lain kesempatan, Firli balik menyerang. Di dalam video tersebut juga terdengar suara “Jangan kendor, serang terus”.

Baca juga : PKB Gaet Kakak Wakapolri

Kuasa hukum Firli, Ian Iskandar, membenarkan video tersebut. Dia pun menegaskan, aktivitas Firli tersebut tidak salah. “Bukan merupakan perbuatan melanggar hukum," ujar Ian, ketika dikonfirmasi.

Dia menjelaskan, kegiatan olahraga itu bisa menjadi bukti bahwa Firli tidak menghilang di tengah pengusutan kasus dugaan pemerasan. "Beliau olahraga rutin bulu tangkis dua kali seminggu. Baguslah kalau diberitakan, artinya stigma yang menganggap beliau menghilang terbantahkan," tegas Ian.

Melihat hal ini, Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM), Zaenur Rohman menganggap kasus yang menjerat Firli anti klimaks. Padahal, kata dia, dalam sidang SYL sudah dibeberkan ada aliran uang sebesar Rp 1,5 miliar. 

"Firli Bahuri main bulu tangkis karena tidak ditahan, tidak kunjung disidangkan. Ini semua dapat melukai rasa keadilan masyarakat. Ini tidak menunjukkan persamaan di depan hukum," kata Zaenur, Selasa (9/7/2024).

Baca juga : Bandar Dan Pemain Judol “Beli” Rekening Orang

Zaenur mengatakan, penanganan kasus Firli di Polda Metro Jaya terasa berlarut-larut. Padahal, Firli sudah menyandang status tersangka sejak November 2023.

Dengan adanya video itu, dia meminta penyidik segera melakukan penahanan terhadap Firli dan melimpahkan perkaranya ke tahap persidangan. "Sangat-sangat berbahaya kalau Firli dibiarkan bebas seperti ini," tegasnya.

Di dunia maya, warganet membandingkan kasus korupsi yang menjerat Firli dengan maling kelas teri. "Sudah hampir 8 bulan tersangka, Firli Bahuri justru belum ditahan dan malah asyik main badminton. Kalau TSK kasus pidana lain tahu ini, mereka iri nggak ya? Istimewa banget dia," sindir @BebySoSweet.

Akun @NenkMonica menimpali. "Apa harus viral dulu baru dikandangin? Ayoooo apalagi yang akan dikaburkan?” tulisnya.

Baca juga : KJP Gelombang 2 Kapan Cairnya Nih?

Sedangkan akun @Dublin2Eric curiga ada tawar-menawar dalam penanganan kasus Firli. "Nih orang punya kartu AS. Mustahil orang seperti Firli selama di KPK tidak tahu skandal yang lebih besar. Pasti dia tahu, ini adalah alat tawarnya," tulisnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.