Dark/Light Mode

Diomongin Warganet

PSI Galaknya Cuma Ke Anies

Kamis, 26 Desember 2019 08:59 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Foto: FB Anies Baswedan)
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Foto: FB Anies Baswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lagi diomongin dan di-bully warganet karena diam terkait kasus Jiwasraya yang ditaksir merugikan negara Rp 13,7 triliun. Padahal, partai ini selalu mendengungkan tagar #KawalUangRakyat. Warganet pun meledek PSI galaknya cuma ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Untuk mencari tahu kenapa PSI diam soal Jiwasraya, Rakyat Merdeka mencoba mengontak beberapa petingginya.

Pertama, Grace Natalie. Ketum PSI ini hanya sekali membalas pesan, saat diminta kesediaannya untuk wawancara. “Lagi di luar negeri mas,” respon Grace lewat WhatsApp, tadi malam. Ia menambahkan emoji kedua telapak tangan yang menempel.

Ketika ditanya soal tanggapan PSI soal Jiwasraya, Grace tidak lagi membalasnya. Begitupun saat dikonfirmasi soal tagar #PSImingkemSoal Jiwasraya yang lagi trending di Twitter. Ia terpantau tidak lagi membaca pesan, meskipun status pesan sudah terkirim.

Baca juga : PSSI Minta PSN Ngada Hormati Keputusan Pandis

Elit PSI lainnya, Raja Juli Antoni juga tidak bisa dihubungi. Dari ujung telepon, mbak dari Telkomsel yang menjawab. Katanya, nomor Sekjen PSI itu tidak aktif atau berada di luar jangkauan. Tapi, apa iya PSI mingkem soal kasus gagal bayar Jiwasraya?

Rakyat Merdeka kemudian menelusuri cuitan-cuitan elit-elit PSI di Twitter. Tsamara Amani misalnya. Salah satu Ketua DPP PSI yang terbilang rajin berkicau di media sosial berlambang burung biru itu, tak menyinggung soal Jiwasraya.

Update Tsamara di Twitter tadi malam hanya ketika pasang badan untuk rekan separtainya Faldo Maldini, yang gagal mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Barat karena terbentur usia. Ia juga ngomong soal idealisme di cuitan lainnya dan memberikan ucapan Selamat Natal.

Sikap PSI yang biasanya galak, jadi lembek ketika berkaitan dengan kasus Jiwasraya, bikin jempol Jansen Sitindaon ‘gatal’.

Baca juga : Jokowi Ingin KLB PSSI Lahirkan Ketum Berintegritas

Ketua DPP Partai Demokrat itu kemudian me-mention akun Twitter PSI. “Mana ini suara teman-teman @psi_id yang katanya fokusnya KAWAL UANG RAKYAT di kasus @Jiwasraya ini. Agar terbongkar, ayo teman-teman kita suara kan. Agar nasib 5 juta nasabah yang jadi korban juga jelas. Dugaan saya ini bukan lagi sekedar kelalaian semata, tapi sudah “perampokan” yg sistematis,” sentil Jansen di akun @jansen_jsp Selasa (24/12).

Spontan, cuitan itu viral. Hingga berita ini ditulis, kicauan itu sudah diretweet 2,4 ribu kali, 5,8 ribu love dan 876 komentar. Cuitan itu kemudian memantik warganet memasang tagar #PSImingkemSoalJiwasraya.

Tadi malam, tagar tersebut masih nangkring di posisi trending, zona Indonesia. Ada 41,8 ribu cuitan yang turut menambahkan tagar ini. Namun, belum ada respons apapun dari PSI. Begitupun dari akun twitter officialnya @psi_id, yang kerap dimention netizen.

Salah satunya di-mention oleh akun @Al_Hay168. “Komen dong @Uki23, Komen dong @TsamaraDKI, Komen dong anak2 @ psi_id. Katanya punya jargon Kawal Uang Rakyat,” imbaunya.

Baca juga : I2: Warganet Sambut Gembira Pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju

“PSI khusus serang Anies aja Sesuai pesanan kakak pembina,” cibir @uc8100. “Gak ada hubunganya sama @aniesbaswedan jadi mereka mingkem semua,” dukung @masyoko. Netizen lain malah mengganti akronim PSI dengan kepanjangan yang aneh-aneh.

“Namanya juga ‘partai seputar ibu kota’ lah, tidak ada hubungan sama Bang Anies mah mingkem mereka. #PSImingkemSoalJiwasraya,” kicau @tatiherra. “Partai syukong ibukota,” ejek @adil2makmur.

Kasus Jiwasraya dan Bumiputera ini baiknya ditindaklanjuti, aparat hukum, tuduhannya sudah melebar kemana-mana, gak bagus buat citra pemerintahan Presiden @jokowi bahkan PSI pun kena imbas trending #PSIming kemSoalJiwasraya jadi libur ngritik @aniesbaswedan deh #Hensat,” nilai pendiri lembaga survei KedaiKOPI itu di akun Twitternya @satriohendri. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.