Dark/Light Mode

Sukabumi Diguncang Gempa M5.0, Getarannya Terasa Sampai Pangalengan dan Cimahi

Kamis, 26 Desember 2019 15:09 WIB
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 5.0 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (26/12) pukul 14.22 WIB.

Baca juga : Hari Ibu di Roma Terasa Hangat Dengan Soto Mie dan Sajojo

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa tersebut berlokasi di 8.05 LS, 106.82 BT. Pusat gempa berada di laut, yang berjarak 121 km Tenggara Kabupaten Sukabumi.

Baca juga : Kemendagri Dorong Kualitas Ormas Berasaskan Pancasila dan UUD 45

Gempa berkedalaman 10 km itu dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV di Sukabumi. Dalam skala ini, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Getaran juga dirasakan orang yang berada di luar rumah.

Baca juga : Nias Selatan Diguncang Gempa M5.1, Tak Berpotensi Tsunami

Getaran gempa Sukabumi ini juga terasa sampai Pangalengan dan Cimahi. Di kedua wilayah tersebut, gempa terasa dengan skala MMI II. Dalam skala ini, gempa hanya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.