Dark/Light Mode

Dubes Polandia Ingin Bekerja Sama dengan Semangat Merah Putih

Selasa, 12 November 2019 23:04 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berbincang dengan Duta Besar Polandia Beata Stoczyńska dalam perayaan Hari Nasional Republik Polandia di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (11 Nov). (Foto Kemendag)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berbincang dengan Duta Besar Polandia Beata Stoczyńska dalam perayaan Hari Nasional Republik Polandia di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (11 Nov). (Foto Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelantikan Presiden, Wakil Presiden dan jajaran kabinet Indonesia, sudah berlalu. Meski demikian, Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska menyampaikan selamat dalam perayaan Hari Nasional Polandia yang ke-101 di Hotel Four Seasons Jakarta, Senin malam (11/11).

“Mungkin terlambat, tapi saya dan tim Kedutaan Besar Polandia di Jakarta mengucapkan kepada Indonesia yang telah memiliki Presiden dan Wakil Presiden serta jajaran menteri baru. Mari kita bekerja sama di bawah semangat merah putih dan putih merah,” ujar Dubes Stoczynska mengacu pada warna bendera nasional kedua negara.

Baca juga : Nurbaya Tingkatkan Sinergi Dengan Polri Tangani Karhutla

Di momen ini, Dubes Stoczynska menyampaikan keinginan Polandia untuk menjajaki kerja sama yang lebih luas dengan Indonesia. “Saya memiliki keyakinan untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Sebelumnya menteri luar negeri dari kedua negara telah saling kunjung. Itu merupakan suatu bentuk hal positif untuk semakin mempererat hubungan kedua negara. Indonesia dan Polandia juga sama-sama aktif di Dewan Keamanan dan HAM PBB,” tutur Dubes yang bertugas selama satu setengah tahun di Indonesia.

Polandia, lanjutnya, ingin meningkatkan volume perdagangan dan juga menjajaki kerja sama di sektor energi hijau, pertanian berkelanjutan hingga sektor kosmetik dan farmasi. Saking banyaknya rencana ke depan, Stoczynska mengatakan, dia dan tim Kedubes bakal mondar-mandir bertemu jajaran menteri dan stafnya untuk menawarkan potensi kerja sama. 

Baca juga : Genjot Layanan, OVO Buka Peluang Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

“Pemerintahan baru, semangat baru. Polandia punya tawaran menarik untuk Indonesia. Saya sudah mulai sowan ke sejumlah kementerian untuk berkenalan dengan menteri baru sekaligus bertukar pikiran,” bebernya.

Niatan sang tuan rumah disambut baik Menteri Perdagangan Indonesia Agus Suparmanto, yang hadir sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia. Menteri Agus yakin, semangat menggebu Polandia bisa mendorong kerja sama yang lebih jauh dengan Indonesia. 

Baca juga : Presiden Bolivia Mundur di Tengah Protes Sengketa Pemilu

“Saya yakin dengan kerja sama yang kuat akan mendorong peningkatan kerja sama perda- gangan. Terutama antar pebisnis, antar Kamar Dagang dan Industri hingga antar masyarakat terutama sektor pariwisata,” ujar Agus Suparmanto.

Usai pidato, potong kue dan ramah tamah, para tamu dipersilakan menikmati sajian makan malam khas Polandia. Bigos dan golabki. Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar kol namun disajikan dalam bentuk berbeda. Bigos berbentuk sup daging dengan cincangan kol sementara golabki berbentuk seperti spring roll yang berisi daging.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.