Dark/Light Mode

Jokowi: Jangan Ribut, Beri Kesempatan Polisi Buktikan Pelaku Penyerang Novel

Senin, 30 Desember 2019 13:40 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada polisi untuk membuktikan bahwa pelaku penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Jokowi berharap, tidak ada pihak yang meributkan atas penangkapan dua tersangka pelaku penyerangan itu.         

"Jangan sebelum ketemu ribut, setelah ketemu ribut. Berikanlah polisi kesempatan untuk membuktikan bahwa itu benar-benar pelaku," kata Jokowi di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Senin (30/12) seperti dikutip antaranews.        

Baca juga : Jaga Kesejukan Suhu Politik Jadi Salah Satu Tugas Penting MPR

Jokowi memastikan, polisi akan terus menyelidiki dan mengungkap kasus itu, termasuk motif pelaku. Ia menyebutkan, peristiwa atau kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan terjadi sekitar 2 tahun lalu.      

"Sekarang pelakunya sudah tertangkap. Ya, kita sangat menghargai, mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh Polri," katanya.      

Baca juga : Kembangkan Hortikultura, Kementan Gandeng Pemkab Grobogan

Yang paling penting, kata Jokowi,  semua pihak mengawal penanganan kasus itu bersama-sama. "Jangan sampai ada spekulasi-spekulasi yang negatif," katanya.        

Ia menyebutkan, saat ini baru pada proses awal penyidikan dari tertangkap tersangka itu. "Kita ikuti terus, kawal terus sehingga benar-benar apa yang menjadi harapan masyarakat itu ketemu," katanya.    

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Bakal Resmikan Tol Layang Japek

Mengenai perlunya pembentukan tim independen karena tersangka pelakunya adalah polisi aktif, menurut Jokowi, yang penting semua mengawasi penanganan kasus itu. "Apa pun yang paling penting dikawal, semua bareng-bareng mengawal agar peristiwa itu tidak terulang lagi, yang paling penting itu," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.