Dark/Light Mode

Peduli Korban Banjir, KAI Sediakan Pos Kesehatan dan Rail Clinic di Jalur Rel Yang Sulit Terjangkau

Jumat, 3 Januari 2020 15:19 WIB
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (tengah) memberi bantuan kepada korban banjir yang mengungsi di sekitar area Stasiun Taman Kota, Jakarta, Jumat (3/1). (Foto: Humas KAI)
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (tengah) memberi bantuan kepada korban banjir yang mengungsi di sekitar area Stasiun Taman Kota, Jakarta, Jumat (3/1). (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Intensitas hujan yang cukup besar beberapa hari lalu, membuat beberapa titik lokasi di Jakarta tergenang air. Sebagian masyarakat terpaksa mengungsi.

Daerah sekitar jalur rel, tak luput jadi tempat mengungsi. Lintas Stasiun Taman Kota - Kalideres, misalnya. Jalur tersebut juga belum dapat diaktifkan, lantaran pada KM 9+5 s.d KM 10+1 antara Kalideres - Rawabuaya masih terdapat genangan air di atas permukaan Kop Rel.

Melihat kondisi yang memprihatikan ini, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI Edi Sukmoro bersama tim dari PT KAI Daop 1 Jakarta menyambangi warga yang mengungsi, dan membuka Pos Layanan Kesehatan serta Rail Clinic di sekitar area Stasiun Taman Kota, Jumat (3/1).

Wilayah Stasiun Pesing hingga Stasiun Kalideres merupakan salah satu area di Jakarta Barat, yang terdampak banjir. Lintas tersebut juga merupakan lintas operasional Kereta Api (KA) yang melayani KRL dan KA Bandara.

Baca juga : Jakarta Banjir, Pemprov DKI Siapkan Tempat Pengungsian dan Dapur Umum

Dampak banjir menyebabkan KRL maupun KA Bandara tidak dapat beroperasi di lintas ini, sejak Rabu (1/1).

"Kami hadir di sini sebagai bentuk kepedulian PT KAI terhadap masyarakat disekitar jalur rel yang dilanda bencana banjir. Harapan kami, Rail Clinic dan Pos Layanan Kesehatan ini dapat bermanfaat untuk pemeriksaan kesehatan dan pemulihan yang maksimal, bagi pengungsi disekitar jalur rel. Selain layanan kesehatan, kami juga akan menyalurkan sejumlah bahan makanan siap saji " ungkap Edi Sukmoro.

 

Rail Clinic milik PT KAI, siap membantu korban banjir Jakarta. (Foto: Humas KAI)

Rail Clinic Peduli Bencana Banjir ini akan memberi layanan kesehatan berupa layanan dokter umum, dokter gigi, laboratorium sederhana, kebidanan dan layanan farmasi/obat.

Baca juga : Unik, Bandara di Lithuania Bikin Pohon Natal Dari Barang Sitaan Penumpang

PT KAI Daop 1 Jakarta menyiagakan 10  tenaga medis Rail Clinic tanggap bencana banjir yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 petugas laboratorium, 1 bidan dan 3 apoteker.

Agar bantuan layanan kesehatan itu dapat terlaksana dengan baik dan dapat langsung menyentuh seluruh korban banjir di lintas Duri-Tangerang ini, PT KAI Daop 1 Jakarta telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pengamanan setempat.

 

Interior Rail Clinic (Foto: Humas KAI)

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan milik PT KAI, yang difungsikan untuk memberikan pelayanan kesehatan. Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI, dalam memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia. Dengan memanfaatkan jalur KA, sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Baca juga : Karya Susi Ditenggelamkan

Informasi perjalanan kereta dapat diakses melalui: - KAI Access - website resmi KAI: kai.id - Contact Center 121: (021)121 - Layanan pelanggan: [email protected] - Sosial media: @keretaapikita (Twitter dan IG), Kereta Api Kita (Facebook) @KAI121 (Twitter), KAI121_(IG), KAI121 (Facebook). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.