Dark/Light Mode

Sambangi Luhut, KPK Perkuat Sinergi Cegah Korupsi di Bidang Investasi

Rabu, 15 Januari 2020 14:57 WIB
Pimpinan KPK saat menemui Luhut Pandjaitan. (Foto: Oktavian Dewangga/RM)
Pimpinan KPK saat menemui Luhut Pandjaitan. (Foto: Oktavian Dewangga/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan KPK hari ini, Rabu (15/1), mengunjungi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Keempat Pimpinan KPK yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango. Mereka diterima langsung Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan.        

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan beberapa hal terkait penguatan kerja sama dan sinergitas antara KPK dengan Kemenko Kemaritiman. Ia mengatakan, kunjungan ini merupakan amanat pasal 6 UU no 19 tahun 2019. “Kementerian Maritim dan Investasi merupakan kementerian yang strategis karena investasi sekarang dikelola oleh kementerian ini,” ujar Firli.        

Jenderal polisi bintang tiga ini mengungkapkan, KPK telah melakukan berbagai upaya dalam program pencegahan korupsi. Untuk mendukung tumbuhnya investasi, komisi antirasuah akan terus mendorong perbaikan terkait pelayanan publik.           

Baca juga : Mendag Rayu Pengusaha Abu Dhabi Kerek Perdagangan dan Investasi

“Sebagai lembaga penegak hukum KPK akan fokus mewujudkan kepastian hukum dan pada saat yang sama akan mendukung penciptaan iklim investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan muaranya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.         

Pertemuan ini juga membahas beberapa hal seperti bentuk koordinasi ke depan sebagai tindak lanjut pertemuan agar pendampingan program pencegahan korupsi dapat dilakukan bersama-sama.         

Luhut menyambut baik kunjungan keempat pimpinan KPK. Dalam sambutannya, dia mengharapkan keterlibatan KPK sejak awal, sehingga upaya pencegahan korupsi pada area-area yang dinilai rawan korupsi dalam dilakukan.          

Baca juga : Soal Banjir, Pengusaha Butuh Solusi Bukan Polemik

“Dalam press release kami sampaikan bahwa setiap investasi akan melibatkan KPK sebagai upaya pencegahan. Tapi, kami juga berpesan pencegahan korupsi perlu didorong tanpa meninggalkan penindakan,” ujar Luhut.        

Selain Pimpinan, hadir dalam pertemuan ini adalah Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Kelompok Kerja Strategis Pimpinan Zil Irvan, Plt Juru Bicara Bidang pencegahan Ipi Maryati Kuding, Sekretaris Kemenko Maritim dan Investasi Agung Kuswandono, Deputi I Bid Koordinasi Kedaulatan Maritim Purbaya Yudhi Sadewa, Staf Khusus Lambock V Nahattands dan Tenaga Ahli Menko Maritim.    

Kunjungan Pimpinan KPK ke beberapa kementerian/lembaga ini telah dilakukan sejak Senin, 6 Januari 2020 pekan lalu. Sebelumnya Pimpinan telah mengunjungi Kepolisian Republik Indonesia, Kemenko Polhukam RI, Kementerian Keuangan RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), TNI Republik Indonesia dan MPR RI. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.