Dark/Light Mode

Semangati Milenial Aceh Belajar Di Luar Negeri

Stafsus Presiden: Saya Gagal Tes Bahasa Asing Tujuh Kali

Senin, 20 Januari 2020 00:55 WIB
Staf Khusus Presiden, Billy Mambrassar. Foto: Twitter @ourANU
Staf Khusus Presiden, Billy Mambrassar. Foto: Twitter @ourANU

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf khusus Presiden, Billy Mambrassar membagikan tips bagaimana caranya bisa kuliah di luar negeri kepada milenial Aceh. Salah satunya, dengan giat belajar bahasa Inggris atau bahasa asing negara yang akan dituju. 

Hal ini diutarakan Billy pada diskusi Diaspora Muda Meulaboh, Minggu (19/1) melalui live streaming jaringan sosial media.

“Saya mengajak kepada semua teman-teman dan adik-adik di Aceh Barat agar bisa belajar ke luar negeri melalui skema beasiswa,” kata Billy yang disiarkan melalui video telepon pintar kepada peserta.

Baca juga : Jadi Stafsus Presiden, Belva Devara Tak Lepas Ruangguru

Ia juga mengajak para milennial untuk belajar bahasa asing sesuai dengan negara yang akan dituju seperti bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa lainnya.

Menurut dia, cara termudah belajar bahasa asing dengan cara membawa kamus dan menulis kata-kata baru yang diingat untuk kemudian ditulis dalam buku catatan pribadi (diary).

Selain itu, ia menyebutkan para generasi millennial juga harus bersemangat dalam belajar bahasa asing.

Baca juga : Jeanine Anez Deklarasikan Diri Sebagai Presiden Bolivia

“Saya pernah gagal tes bahasa asing sebanyak tujuh hingga delapan kali, tapi tidak pernah patah semangat dalam mencoba dan berusaha agar berhasil diterima di Australia National Univesrity,” jelas Billy.

Billy mengajak para milenial Aceh khususnya Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat juga harus meningkatkan minat baca dan menulis, karena saat belajar di luar negeri, akan banyak tugas menulis yang mengharuskan mahasiswa membaca banyak referensi, sehingga dapat mengambil satu kesimpulan.

Billy juga berharap milenial di Aceh Barat untuk terus aktif dalam kegiatan sosial dan juga terus mengembangkan kemampuan diri dalam menghadapi era revolusi industri 4,0 ini.

Baca juga : Srikandi Milenial Gelar Aksi Tanda Tangan Minta Pelantikan Pimpinan KPK Baru

“Hari ini kita bersaing secara global dimanapun kita berada, para milenial harus mempersiapkan diri dan karirnya untuk itu kemampuan berkomunikasi dengan baik, membuka kerjasama dan jaringan dengan berbagai pihak, serta kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks merupakan kemapuan yang harus dimiliki oleh milennial,” terangnya.

Menurut dia, ada beberapa beasiswa yang bisa di tempuh seperti LPDP, Fulbright, Chevening, Stuned dan Australian Awards saat akan menempuh kuliah dengan syarat kemampuan berbahasa asing, tambahnya. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.