Dark/Light Mode

Lion Air Pastikan, 7 Penumpang Asal Changsa Bebas Virus Korona

Minggu, 26 Januari 2020 14:50 WIB
Lion Air Pastikan, 7 Penumpang Asal Changsa Bebas Virus Korona

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Lion Air memastikan, tujuh penumpang asal Changsa, China, bebas virus Korona. Kesimpulan ini diperoleh, setelah tujuh penumpang tersebut diperiksa secara intensif oleh pihak berwenang. 

Demikian dikatakan Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/1).

"Tim medis beserta tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Sam Ratulangi telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh penumpang tersebut. Hasilnya negatif. Tidak ada tanda-tanda infeksi virus yang dimaksud," jelas Danang.

Baca juga : Waspada, 12 Negara Ini Telah Terjangkit Virus Korona

Tujuh penumpang yang dimaksud datang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (25/1). Menumpang penerbangan Lion Air JT-2742 dari Bandara Internasional Huanghua Changsha yang terletak di Changsha, Provinsi Hunan, China.

Dalam penerbangan tersebut, Lion Air membawa 7 kru dan 176 tamu atau penumpang. "Penerbangan JT-2742 sudah dipersiapkan dengan baik, sebelum keberangkatan seluruh kru dan tamu menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan," ungkap Danang.

Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandara (apron) untuk menurunkan penumpang, petugas kesehatan terlebih dahulu masuk ke dalam kabin pesawat. Memeriksa kondisi fisik seluruh tamu dan awak pesawat.

Baca juga : AC Milan Vs Brescia, Menunggu Virus Ibra

Hal itu ditujukan sebagai upaya memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan udara kepada awak pesawat dan tamu atau penumpang. Terutama, untuk mengantisipasi wabah virus Korona.

Antisipasi yang dilakukan, mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio pada 30 Desember 2019 dan No. PM.04.021111143/2020 Tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya pada 3 Januari 2020.

Dalam langkah preventif pencegahan dimaksud, Danang mengatakan, Lion Air telah melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku.

Baca juga : Hobi Makan Satwa Liar, Picu Penyebaran Virus Korona

Lion Air juga telah menyediakan dan menggunakan masker, sarung tangan (hand gloves) dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer), untuk mengantisipasi penularan terhadap awak pesawat dan petugas layanan darat. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.